oleh

Pemprov Kalsel Siapkan Rp 200 M Tangani Corona

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) siapkan Rp 200 M, guna menangani Virus Corona (Covid-19). Anggaran itu, untuk refocusing (memfokuskan kembali) kegiatan dan realokasi anggaran sebagaimana yang telah diarahkan dari pemerintah pusat.

BANJARBARU, koranbanjar.net – Persiapan tersebut sebagai penanda bahwa pemerintah serius, siap, dan mampu menangani Covid-19. Serta, turut disampaikan pula ke Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui video conference (vicon).

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, refocusing difokuskan pada 3 kegiatan yaitu penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial dan stimulus ekonomi.

Dari 528 daerah yang menyampaikan data realokasi anggaran APBD, jumlah alokasi anggaran penanganan Covid 19 berjumlah Rp 56 triliun.

Alokasi tersebut, terdiri dari 3 pos alokasi diantaranya penanganan kesehatan berjumlah Rp 24 triliun, penanganan dampak ekonomi berjumlah Rp 7 triliun dan Jaring Pengaman Sosial sebanyak Rp 25 triliun.

Masih ada beberapa daerah, yang merealokasi anggaran namun masih belum memadai jika dibandingkan keadaan seperti sekarang ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan, dalam surat keputusan bersama (SKB) dua menteri, yakni Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan refocusing dan realokasi. Mengarah pada belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja modal.

“Rasionalisasi belanja barang dan jasa sekurang kurangnya 50 persen. Terutama, mengurangi belanja seperti pejalanan dinas dalam dan luar daerah, barang pakai habis, cetak dan pengadaan, workshop, FGD, bimtek dan yang lainya,” ucapnya.

Kata dia, penerimaan negara dapat terkoreksi hingga 10 persen. Seiring dengan dampak ekonomi Covid-19, yang menyebar ke berbagai sektor. Dengan kondisi tersebut, tentu akan berdampak pada dana transfer ke daerah. Untuk itu, Menkeu meminta kepala daerah untuk bisa memahaminya. (ykw/maf

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: