Pemkab HSS Sosialisasikan Ikur-ikur Kaya Protein Bisa Dijadikan Sup

oleh -241 views
Pemkab HSS Sosialisasikan Ikur-ikur Kaya Protein Bisa Dijadikan Sup
Dinas Ketahanan Pangan HSS sedang mensosialisasikan ikur-ikur dijadikan sup, Selasa (17/9/2019) (foto: kominfohss)

KANDANGAN, koranbanjar.net – Pangan non beras berbahan ikur-ikur (jewawut), yang kaya protein dan bisa dibuat menjadi sup dsosialisasikan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS, Selasa (17/09/2019) di Posyando Kenanga Mekar, Desa Madang, Kecamatan Padang Batung.

Kepala Seksi Konsumsi & Keanekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan HSS Nor Ipansyah menjelaskan, kandungan protein, kalsium dan yang lainnya yang terkandung pada ikur-ikur lebih tinggi dibandingkan dengan beras.

“Sehingga dapat membantu mencegah stunting pada balita,” ujarnya.

Sosialisasi dilakukan untuk memasyarakatkan serta  mengenalkan pada masyarakat, bahwa ikur-ikur juga bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan didemonstrasikan pembuatan ikur-ikur menjadi panganan sup yang diberi nama Supir Bancing, merupakan akronim dari Sup Ikur-ikur Bantu Cegah stunting.

Peserta Sosialisasi Sumiati mengatakan, selama ini belum begitu mengetahui bahan pangan ikur-ikur. Diungkapkannya, biasa ia membuat bubur ayam hanya menggunakan beras.

“Setelah mengikuti sosialisasi dan demo masak ini, kami mengetahui bahwa ikur-ikur ini memiliki banyak kandungan protein, kalsium dan lainnya, yang dibandingkan dengan beras,” ujarnya.

Sumiati mengucapkan terimakasih kepada Pemkab HSS, yang telah memberikan sosialisasi pangan non beras itu melalui Dinas Ketahanan Pangan HSS. (yat/dra)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan