Pembangunan Sudah 95 Persen, TPA baru HSS Ujicoba Oktober Ini

oleh -71 views
Pembangunan Sudah 95 Persen, TPA baru HSS Ujicoba Oktober Ini
Kabid Pengelolaan Kebersihan Dispera KPLH HSS Ika Aguspiannor

KANDANGAN, koranbanjar.net – Proses pengerjaan sudah 95 persen, tak lama lagi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang baru. Oktober ini akan dilakukan ujicoba pemprosesan sampah di TPA baru.

Lokasi TPA lama di Desa Malutu Kecamatan Padang Batung sudah overload, sedangkan untuk pengembangan di lokasi tersebut tidak memungkinkan lagi. Sehingga Pemkab HSS merasa perlu membangun di lokasi lain yang lebih strategis, yang tidak jauh dari lokasi lama tersebut.

Kabid Pengelolaan Kebersihan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Ika Aguspiannor mengatakan, progres pembangunan TPA baru oleh pelaksana pihak ketiga yang terus dikawal, kini fisiknya sudah 95 persen.

Ika Agus memaparkan, pembangunan infrastruktur terutama landfill dan kolam Instalasi pengelolaan limbah (IPL) sudah rampung 100 persen. Ujarnya hal itu sudah siap dipergunakan, tinggal infrastruktur pendukung masih dilakukan finishing.

Ika Agus menuturkan, standar nafas dari sebuah TPA ada pada landfill dan kolam IPL. Sehingga sebelum penyerahan nanti, TPA yang telah dibangun benar-benar bisa siap dimanfaatkan secara maksimal.

Diungkapkannya, dalam waktu dekat Pemkab HSS selaku pengguna akan melakukan ujicoba pada landfill terlebih dahulu, dimungkinkan satu atau dua minggu ke depan sudah melakukan aktifitas pemprosesan sampah di TPA yang baru.

“Pemerintah menginginkan secepatnya sudah bisa memindah TPA, paling tidak ujicoba dahulu. Target kita tahun ini sudah rampung dipergunakan, lebih cepat lebih baik,” ucapnya saat didatangi di ruangannya Kamis (3/9/2019).

Setelah ujicoba, terangnya akan ada rekomendasi keluar, apakah TPA tersebut memang layak digunakan, atau masih ada yang harus dibenahi kembali dan memerlukan perbaikan.

Ia mengatakan saat penilaian adipura tahap I bulan ini pemprosesan sampah akan sudah dititik beratkan pada lokasi TPA baru. “Mudah-mudahan bangunan baru bisa dimanfaatkan secara maksimal, tolong bantu doanya semuanya,” ucapnya. (yat)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan