Advertorial

Pelihara MH2T, Ini yang Dilakukan BPTH Dishut Kalsel

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Seperti diketahui, Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) merupakan kawasan wajib dipelihara BPTH. Karena itulah, Dishut Kalsel melalui BPTH terus menggelorakan pemeliharaannya dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan-kegiatan dimaksud seperti kegiatan penyiraman tanaman pokok (ulin) dan tanaman penaung (jabon, mahoni) di pagi dan sore hari, krakal tanah dengan traktor bajak sekaligus pembersihan gulma tanaman pengganggu dan pemberian pupuk kandang di areal MH2T Tahap II.

Kasi Sertifikasi Benih, A. Raihanor, S.Hut. mengatakan, ragam kegiatan di atas merupakan giat wajib bagi para Kru BPTH dan tenaga harian lepas. “Ini juga merupakan poin arahan penting dari Kadishut pada Jumat sore (02/11) saat inspeksi lapangan,” katanya saat memimpin giat.

Titik beratnya, lanjutnya, pada kelangsungan hidup 150 tanaman pokok ulin agar selalu disiram pagi maupun sore, tentunya dengan tidak melupakan tanaman penaungnya.

Lebih jauh Raihanor menceritakan bahwa latar belakang ditanamnya ulin yang merupakan tanaman local endemic Kalsel adalah melihat ancaman kepunahannya, maka Pemprov. Kalsel melalui Dishut Prov. Kalsel gencar menanam ulin di MH2T.

“Kami berharap lewat kegiatan ini, tanaman ulin yang telah ditanam pada acara Diplomatik Tour sebelumnya oleh perwakilan Negara sahabat ini akan terus tumbuh dan menjadi kebanggaan MH2T,” imbuhnya. (humasdishutkalsel)

Tags

Tinggalkan Balasan

Close