oleh

Pangdam Ingatkan Ekspose Kegiatan di Media Harus Kreatif dan Humanis

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto menegaskan tentang penggunaan media dalam mengekspose kegiatan Kodam, baik media cetak, elektronik maupun online harus kreatif dan humanis.

BANJARMASIN, koranbanjar.net –
”Laksanakan publikasi kegiatan satuan jajaran secara proporsional, kreatif dan humanis” tegas Pangdam saat menggelar Apel Komandan Satuan(Dansat) secara virtual tersebar di wilayah Kodam VI/Mulawarman TA. 2020 bertempat di Ruang Yudha Makodam VI/Mulawarman, Selasa (8/9/2020).

Hal itu demi menuju kemanunggalan TNI-Rakyat di wilayah Kodam VI/ Mulawarman dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD, tuturnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya disebabkan masa pandemi Covid-19, Kodam VI/Mulawarman menggelar Apel Dansat pertama kalinya secara virtual.

Dalam pelaksanaanya, apel dibagi menjadi 3 titik di wilayah Kodam VI/Mulawarman. Jajaran Korem 091/Asn dilaksanakan di Yonif 611/Awanglong, Korem 101/Antasari dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila kediaman Gubernur Kalimantan selatan  dan Korem 092/Mrl dilaksanakan di Yonif R 613 Raja Alam.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, dimulai tanggal 8 s/d 9 September 2020, mengusung tema ”Dengan Apel Komandan Satuan, kita wujudkan Satuan yang Profesional, Berdisiplin Tinggi, Solid, Sinergi dengan semua elemen bangsa, Tangguh, Berwawasan  Kebangsaan dan Dicintai Rakyat di Wilayah Kodam VI/Mulawarman”.

Tujuan kegiatan adalah menyatukan visi dan misi, menciptakan kesamaan dalam pemahaman nilai-nilai jati diri prajurit Kodam VI/Mulawarman.

“Guna memelihara soliditas yang dibangun melalui komunikasi dua arah antara Pimpinan Kodam VI/Mulawarman dengan para komandan satuan”, ujar Heri Wiranto dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, beberapa point penting yang harus dilakukan para Komandan Satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman adalah tindakan  pencegahan terhadap terjadinya Karhutla dan penyiapan Satuan Kowil dalam melaksanakan program Ketahanan Pangan.

Kedua program tersebut merupakan perintah Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo yang harus dilaksanakan secara optimal oleh seluruh satuan jajaran Kodam VI/Mulawarman, imbuhnya.

Pada akhir penyampaiannya, Jenderal bintang dua tersebut mengingatkan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dan kegiatan Apel Dansat Tersebar TA 2020 ini sekaligus mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 bagi diri sendiri, rekan maupun keluarga.

Kegiatan di lanjutkan dengan menyaksikan penayangan video dari Asisten Kasdam VI/Mulawarman dalam menyikapi dan memperbaiki kinerja satuan masing-masing.

Ia pun juga mengingatkan, Apel Dansat secara virtual harus menjadi kebiasaan di lingkungan prajurit di tengah pandemi Covid-19 sekaligus bisa berkomunikasi secara langsung melalui daring.

Sebagai upaya pimpinan untuk bisa bertatap muka langsung dengan unsur pimpinan bawahan walaupun dalam suasana Covid-19, dimana saat ini menjadi permasalahan bersama.

“Penegakan disiplin protokol kesehatan harus dilakukan baik oleh prajurit, keluarganya maupun masyarakat,” pesannya dengan tegas.

Apel Dansat di wilayah Korem 101/Antasari diikuti oleh Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah beserta para Dandim, Danyon dan para Komandan Satuan Badan Pelaksana Aju Kodam VI/Mulawarman serta Danrindam VI/Mulawarman Kolonel Inf Andree Saputra beserta para Komandan Satuan Pendidikan. (yon)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: