Paman Birin: Tahun Depan Nikah Massal akan Diperbanyak Lagi Pasangannya

oleh -288 views
50 pasanga calon pengantin ikuti pernikahan massal di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. (foto: agus/koranbanjar.net)
50 pasanga calon pengantin ikuti pernikahan massal di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. (foto: agus/koranbanjar.net)

BANJARMASIN, KORANBANJAR.NET -Sebanyak 50 pasang calon pengantin mengikuti nikah massal yang diadakan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Kalsel dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel.

Dilaksanakan di Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (4/5/2019). Nikah massal ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

Kepala Kemenag Kalsel H. Noor Fahmi menyampaikan, tujuan dilakukannya pernikahan massal ialah untuk menekan angka pernikahan dini yang cukup tinggi di Kalsel.

“Di Kalsel inimasih tinggi untuk pernikahan dini. Kami memperjuangkan agar nantinya masyarakat mendapatkan buku nikah khususnya bagi mereka yang kurang mampu,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa hal tersebut untuk membantu masyarakat yang kurang mampu melaksanaan perayaan pengantin dengan pelaminan yang mewah, maka inisiasif dari Kanwil dan Baznas untuk untuk memfasilitasi ini.

“Jadi ini pertama kali dilakukan di Provinsi Kalsel. Yang sering dilakukan sebelumnya ialah isbat nikah, dan ini adalah orang-orang yang benar-benar belum pernah menikah. Jadi persyaratannya ialah dari segi usia apabila dibawah umur maka tidak bisa,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau yang sering disapa Paman Birin. Ia mengatakan bahwa banyak permintaan dari masyarakat agar ke depannya acara seperti itu lebih diperbanyak lagi pesertanya.

“Karena banyaknya permintaan, maka nanti Insya Allah kami lebih tingkatkan lagi, dan terutamanya bagi mereka yang tidak mampu,” pungkas Paman Birin.
Pada kesempata tersebut Gubernur Kalsel menjadi saksi pernikahan massal.
(ags/dra).

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan