Kota Banjarbaru

Museum Pernah digunakan Tempat Semedi, Ada Apa ya?

BANJARBARU – Museum Lambung Mangkurat merupakan tempat wisata yang sekaligus menjadi salah satu ikon Kalimantan Selatan. Museum yang terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani KM.36 Banjarbaru dan sudah berdiri sekaligus di resmikan sejak tanggal 10 Januari 1979.

Tidak sedikit barang bersejarah yang dikoleksi pihak Museum. Selain itu, banyak pula ruang-ruangan di Museum Lambung Mangkurat Provinsi Kalimantan Selatan ini yang terkesan “mistis”. Tidak heran, dulu museum ini juga pernah digunakan orang-orang tertentu bersemedi atau mencari peruntungan.

Kepala Seksi Edukasi Preparasi Museum Lambung Mangkurat, Drs.Ikhlas Budi Prayogo M.Hum tidak menampik “penyalahgunaan” museum tersebut. Sejak Museum berdiri dan diresmikan, belum ada cerita mistis yang terjadi di Museum. Akan tetapi, dulu tidak sedikit orang yang ke museum bertujuan untuk melakukan “semedi”, karena pengunjung meyakini ada hal gaib di Museum ini.

BACA JUGA  Kadishut Kalsel tak Ingin Lampu Mati di Museum Lambung Mangkurat

“Kalau dulu, ada yang pernah semedi di museum ini,” katanya. Disinggung mengenai kondisi bangunan Museum yang sebagian mulai rusak, Ikhlas berharap, pemerintah bisa lebih memperhatikan, agar bangunan yang rusak segera diganti dengan bangunan yang lebih modern. Pihaknya juga berharap Pemerintah Provinsi bisa lebih cepat menanggapi perencanaan tentang perbaikan wajah Museum.(rif)

Tags

Radio STAR FM
The Spirit of Banjarbaru. Hanya di 90.5 FM

Info Bisnis Kalimantan
Berita seputar bisnis dan ekonomi di Kalimantan terkini.

TandaPetik.Com - Media Komunitas
Gabung sekarang juga. Tuliskan ide, opini dan pengalamanmu.

IKLAN BARIS ONLINE MURAH
Hub. 081348024288 | 0821159171296
KORANBANJAR.NET

Baca Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close