MTQ Nasional Kalsel
Tak Berkategori  

Mitra Kerja Pemrov Kalsel Diharapkan Ikut Kembangkan KPT

BANJARBARU, KORANBANJAR – Tidak hanya mencetak lahan persawahan baru di Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala (Batoola), Pemprov Kalsel juga membangun Kampung Pertanian Terpadu (KPT) di kawasan perkantoran Setdaprov Kalsel, Banjarbaru.

Lahan seluas 4,8 hektar itu disulap menjadi kampung hijau yang terdiri dari 3 hektare lahan KPT dan 1,8 hektare lahan perkebunan jagung.

KPT yang dibangun terbagi menjadi lima kampung, yakni Kampung Tanaman Pangan, Kampung Pertanian, Kampung Peternakan, Kampung Pangan Lestari, serta Kampung Holtikultura dan Perkebunan.

Melalui KPT ini, masyarakat dapat melihat bagaimana penggunaan teknologi pertanian yang di dalamnya terdapat banyak jenis dan benih tanaman. Selain itu, mereka juga akan mengetahui bagaimana teknologi pertanian dipakai. Bahkan, hewan yang mungkin masyarakat atau para anak sekolah masih belum pernah melihatnya secara langsung, akan diadakan di Kampung Peternakan.

Menurut Sekretaris Umum HPS ke-38 tahun 2018, Suparmi, KPT ini akan terus dilanjutkan dan semakin hidup lagi setelah gelaran HPS di Kalsel, karena KPT ini akan dijadikan wisata edukasi bagi masyarakat umum.

Untuk lebih mewujudkan hal ini, maka diharapkan adanya sentuhan dari CSR (Corporate Social Responsibilty).

“Kalau ada mitra pemerintah yang mau mengembangkan Kampung Pertanian ini, bukan hanya tanaman yang saling berintegrasi satu sama lain, tetapi juga antara Pemprov Kalsel dan mitra kerja maupun organisasi kemasyarakatan dapat saling berintegrasi dalam menyukseskan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045,” harap Suparmi. (hmsprov/dny)