oleh

Meningkatkan Cikal Bakal Pembuatan Sasirangan Dengan Pelatihan

BANJARBARU, koranbanjar.net – Berikan pelatihan pembuatan sasirangan kepada Ibu-ibu PKK dan pemuda pemudi karang taruna di Kelurahan Guntung Manggia, agar ciptakan cikal bakal dalam pengrajin sasirangan, Senin (29/7/2019).

Hal itulah yang dilakukan Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Lurah Guntung Manggis H Sarowo, Ketua TP PKK Kecamtan Landasan Ulin Fitra Subhan, Ketua TP PKK Kelurahan Guntung Manggis Ika Maulida dan salah seorang pengrajin sasirangan Kota Banjarbaru Atun, saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Pembuatan Sasirangan, bertempat di Aula Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru.

Panitia pelaksana kegiatan pelatihan  pembuatan sasirangan menyampaikan bahwa peserta sosialisasi terdiri dari ibu-ibu PKK, pemuda pemudi karang taruna yang ada di Kelurahan Guntung Manggis, pelaksanaan dimulai pada 29 Juli 2019 sampai Agustus 2019.

“Melalui pelatihan kita bisa menciptakan cikal bakal pengerajin sasirangan  di Kelurahan Guntung Manggis. Untuk melatih membuat sasirangan ini kami meminta bu Atun salah satu pembuat dan pemilik sasirangan yang berada di Kelurahan Cempaka,” ucapnya.

Lurah Guntung Manggis H Sarowo juga mengatakan, pelatihan membuat sasirangan sampai jadi. Dari membuat pola, mewarnai, sampai membuat bordir pada kain sasirangan.

“Supaya bisa meningkatkan perekonomian keluarga, sasirangan itu pasti laku, tidak bakal tidak laku. Karena sekarang sasirangan sudah banyak diminati orang,” ujar Sarowo.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani menyampaikan kepada para peserta pelatihan  membuat sasirangan bahwa selain menjadi ibu rumah tangga kita bisa menjadi pengusaha sasirangan.

“Kita juga bisa lebih kreatif dalam membuat pola, dan juga motif-motif kekinian, kalau hari ini masih motif standar, kita bisa menambah motif lain atau ciri ciri khusus dari kita. Di harapkan yang sudah selesai mengikuti pelatihan ini agar terus bisa menjalankan dan mengembangkan,” katanya.

Hj Ririen Nadjmi Adhani  berharap setelah Pelatihan Pembuatan Sasirangan akan ada diwilayah Kelurahan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru yang juga terkenal karya-karyanya. Pada kesempatan itu Hj Ririen Nadjmi Adhani   ATK untuk Pelatihan Pembuatan Sasirangan kepada dua orang peserta pelatihan.(maf/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: