oleh

Mengapa Data Kependudukan Itu Penting? Ini Jawabannya…

MARABAHAN – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Jakuinuddin, menjelaskan betapa pentingnya data kependudukan yang harus dimiliki oleh setiap warga.

Selain untuk pelayanan publik seperti pada rumah sakit dan imigrasi, data kependudukan juga berguna sebagai bahan perencanaan pembangunan, sebagai bahan pembangunan demokrasi seperti pada proses pemilihan umum, dan yang tak kalah penting yaitu sebagai penunjang dalam penegakkan hukum dan mencegah kriminalitas.

Jakuinuddin menceritakan, pada tahun 2017 lalu, Disdukcapil sudah melaksanakan sosialisasi dan pelayanan keliling serta perbaikan data ke kecamatan-kecamatan. “Tahun 2017 lalu kami dari Disdukcapil telah melakukan jemput bola pelayanan keliling ke kecamatan-kecamatan se Batola untuk melaksanakan updating data serta melakukan sosialisasi akan pentingnya data kependudukan ini,” ujarnya. Ia juga mengingatkan ada 2 hal yang harus diperhatikan dan dilaporkan, yang pertama peristiwa kependudukan seperti pindah, datang dan perubahan alamat. Yang kedua yaitu peristiwa penting seperti lahir, mati, pengesahan anak, pengakuan anak dan pengangkatan anak.“Peristiwa ini penting karena ini karena berakibat pada berubahnya data kependudukan,” tuturnya.

Pentingnya data kependudukan tersebut disampaikan Jakuinuddin pada Upacara Bendera Gabungan SKPD Pemerintah Kabupaten Batola di halaman kantor bupati Batola pada saat Jakuinuddin selaku Kepala Disdukcapil Batola mendapat giliran sebagai Pembina Upacara, Senin (29/1).

Upacara bendera tersebut dilaksanakan setiap Senin dan masing-masing Kepala SKPD mendapat giliran sebagai pembimd upacara. (dny)

Dari Rubrik Pilihan: