Baznas

Membantu Desain Produk Kemasan UKM-IKM tanpa Biaya

  • Bagikan

MARTAPURA – Untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah (UKM-IKM), sekarang pemerintah pusat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar membangun Rumah Kemasan di Desa Indrasari Kecamatan Martapura Kota.

Rumah Kemasan ini disediakan untuk membantu UKM-IKM  yang ingin mendesain kemasan produk agar menjadi lebih menarik dan bermutu serta hygenis. Sehingga produk yang dijual dapat masuk ke pasaran modern dengan  harga yang bersaing. Selain itu, produk dapat bertahan lama, kemudian meningkatkan minat beli di pasaran.

Lebih menarik lagi, pelaku UKM-IKM yang ingin mendapatkan desain di Rumah Kemasan ini tanpa dipungut biaya.

Pasalnya, selama ini kemasan produk UKM-IKM lokal, terutama produk pangan hasil IKM umumnya, masih sangat sederhana bahkan terkesan seadanya, sehingga kurang hygenis dan kurang meyakinkan.

“Bahkan ada IKM yang menggunakan kemasan fotokopi, itu sbenarnya tidak boleh. Karena berbahaya, apabila bersentuhan dengan makanan tentu tidak boleh,” ujar Kepala Bidang Agrokimia, Ir. Agus Ibrahim kepada Koran Banjar, akhir pekan tadi.

Tidak hanya menyediakan perlengkapan untuk mendesain produk, pengelola Rumah Kemasan yang berada di bawah naungan Disperindag Kabupaten Banjar ini juga memberikan bimbingan dan konsultasi dalam peningkatan mutu produk UKM-IKM bahan pangan, terutama untuk pengemasan dan desain.

Sebagai upaya pengembangan, pengelola Rumah Kemasan juga bekerjasama dengan stakeholder, baik untuk permodalan maupun penyediaan bahan baku, serta packing, pemasaran dan promosi.

“Untuk  promosi kami akan membantu dengan even seperti expo, pameran dan lain-lain,” tutur Agus.

Adapun tujuan didirikan Rumah Kemasan adalah sebagai wadah pemecah masalah untuk pembuatan kemasan produk olahan pangan yang berfungsi sebagai tampat pelayanan jasa pengemasan, supaya mudah diakses para pelaku IKM dari kelas menegah hingga ke bawah.

“Para pelaku IKM segan untuk konsultasi dengan kami. Mereka datang, maka akan kami bantu dan tanpa pungutan biaya. Jadi kalian jangan ragu datang ke Rumah Kemasan,” ujarnya.

Sekarang  Rumah Kemasan sedang membangun gedung untuk percetakan kemasan makanan, yang bertempat persis di sebelah Rumah Kemasan. Rencananya bangunan tersebut akan rampung pada Desember ini.

Rumah Kemasan ini dibangun dengan anggaran dari Kementerian Perindustrian Pusat. Karenanya mendapat tanggapan yang sangat bagus dari Bupati Banjar. Khalilurrahman.

“Jika kalian ingin berkonsultasi tentang pemasaran dan desain kemasan, datang saja ke Rumah Kemaan, disini tidak dipungut biaya. Berhubung  peralatan kami masih minim untuk membuat kemasan berbahan plastik, kertas, dan setiker, maka akan kami arahkan untuk ke percetakan dan akan kami modali,” pungkas Agus Ibrahim.(sen)

  • Bagikan