oleh

Media yang Dulu Disebut “KorBan” Ini Sudah Berusia 3 Tahun

“Koran apa namanya?”

“Koran Banjar,”

“Oooh….Korban.”

Tiga tahun silam, kalimat itu kerap kami dengar dari berbagai kalangan. Mereka seperti meragukan, bahwa media yang berdiri sejak 20 Maret 2017 ini akan mampu bertahan lama. Terlebih masa pergeseran minat pembaca masyarakat dari media cetak ke media online saat itu sudah mulai berlangsung dengan cepat.

Bahkan ada yang bilang, “Koran Banjar itu cuma bisa bertahan tiga bulan, habis itu bubar.”

Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah Subhanhu wa ta’ala, bahkan kami sangat berterima kasih kepada mereka yang tadinya sempat merendahkan, meragukan atau mungkin menyepelekan eksistensi atau keberlangsungan Koran Banjar. Karena tanpa itu semua, Koran Banjar tidak akan bisa bertahan hingga sekarang. Kini, Koran Banjar telah genap berusia 3 tahun, tepatnya hari ini, Jumat 20 Maret 2020.

Tiga tahun silam, media yang tadinya didirikan dengan jenis Surat Kabar Mingguan Koran Banjar dibangun hanya dengan modal usaha Rp1,500,000. Dalam ukuran untuk mendirikan sebuah media, modal usaha sebesar itu sudah pasti tidak akan cukup. Tapi kami berpegang teguh dengan keyakinan kepada Allah Swt. “Tak ada yang mustahil bagi Allah, jika Dia menghendaki.” Ketika itu, saya hanya meyakinkan kepada siapa pun, manakala ditanya tentang pemilik modal.

“Siapa sih yang mengasih modal.” Pertanyaan itupun sangat sering kami dengar. Namun jawabannya pun saya sampaikan dengan simpel dan apa adanya. “Koran Banjar didirikan oleh pemilik modal yang tak satupun pengusaha di dunia ini mampu menandingi. DIA adalah Allah Swt,” demikian saya menjawab.

Puji syukur kami panjatkan kembali kepada Allah Swt, dengan kemurahan dan kekayaan-Nya, Koran Banjar masih eksis dan turut meramaikan dunia informasi di Kalimantan Selatan khususnya, sampai detik ini.

Kantor Berkat Grup, disinilah nanti koranbanjar.net berkantor.
Kantor Berkat Grup, disinilah nanti koranbanjar.net berkantor.

Tiga tahun silam, sejak berdiri hingga berlangsung selama 6 bulan Koran Banjar beredar dengan konsep Surat Kabar Mingguan. Kemudian memasuki bulan ke 7, seiring makin ramainya bermunculan media online di tanah air, tidak terkecuali di Kalimantan Selatan, saya mencoba menggali informasi tentang perkembangan media cetak waktu itu. Rekan, sahabat yang tadinya sama-sama berkiprah menjadi reporter lapangan sejak tahun 2001, banyak yang memberikan pandangan, justru media online yang memberikan prosfek sangat bagus di waktu mendatang.

Nah, sejak itulah, manajemen Koran Banjar yang berdiri dengan nama perusahaan PT. Media Banjar Grup memutuskan tetap eksis, lebih fokus hadir dengan Media Online koranbanjar.net. Berbagai legalitas sebagai persyaratan pengoperasian media online koranbanjar.net pun terus dipenuhi secara tertib. Hal itu dilakukan untuk menjadikan Media Online koranbanjar.net sebuah media yang memiliki integiritas dan profesionalisme sebagaimana sebuah perusahaan / kantor berita.

Kehadiran Media Online koranbanjar.net cukup mewarnai dunia informasi di Kalimantan Selatan, kemudian untuk memberikan warna tersendiri pada dunia informasi di tingkat nasional dan internasional, PT. Media Banjar Grup kembali melahirkan media baru dengan segmentasi pembaca nasional dan internasional di tahun 2018, yakni tandakpetik.com.

Kiprah media online koranbanjar.net dan tandapetik.com dengan manajemen PT. Media Banjar Grup, rupanya cukup menarik perhatian perusahaan yang berafiliasi dengan perusahaan-perusahaan besar di tingkat nasional maupun internasional, yakni Berkat Grup Corporation.

Atas ketertarikan itu, manajemen PT. Media Banjar Grup diminta manajemen Berkat Grup untuk bergabung dalam Holding Company mereka. Sehingga kini, PT. Media Banjar Grup memiliki saudara-saudara perusahaan berskala nasional dan internasional yang tergabung dalam Berkat Grup Corporation.

Adapun saudara perusahaan PT. Media Banjar Grup, antara lain, sebuah konsultan hukum yang berkiprah di tingkat nasional dengan nama Asnoor Consultant. Kemudian, perusahaan yang bergerak di bidang pabrik lem aspal, PT. Berkat Cahaya Bumi, kemudian perusahaan yang bergerak di bidang property PT. Berkat Karya Mandiri serta sejumlah perusahaan besar lainnya yang bergerak di berbagai bidang.

Momentum Anniversary 3 Tahun koranbanjar.net ini menjadi sebuah momentum yang sangat berharga bagi manajemen koranbanjar.net. Karena genap di usia ketiga tahun ini, kami sangat bersyukur bahwa sangat banyak pembaca dan pemasang iklan yang setia dengan koranbanjar.net. Respon dan partisipasi pembaca maupun pemasang iklan, khususnya di Kalimantan Selatan menjadi pemecut bagi kami untuk lebih baik dan lebih berinovasi memberikan suguhan berita yang menarik maupun menyajikan informasi advertaising (periklanan) yang lebih cepat dan akurat.

Oleh sebab itu, di akhir tulisan ini, saya tidak bosan-bosannya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pembaca setia koranbanjar.net dan seluruh mitra pemasang iklan, baik dari kalangan goovermant maupun swasta yang tidak henti-hentinya menaruh kepercayaan kepada kami.

Demikian ucapan ini kami sampaikan dengan tulus, atas kerjasamanya kami haturkan terima kasih, kemudian atas kekurangan dan kekhilafannya kami pun juga mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya.(*)

Pimpinan Redaksi / Dirut

PT. Media Banjar Grup

 Denny Setiawan

 

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: