Hukum & Peristiwa

Masih Ditemukan Pengunjung di Bawah Umur ke Tempat Hiburan

BANJARBARU – Tim gabungan Satpol PP, Polres Banjarbaru, Polsek Banjarbaru Barat, Sub Denpom Banjarbaru, POM Lanud dan Koramil 1006-12/La kembali melakukan giat yang ke 11 kalinya pada Sabtu (9/12). Kali ini tujuannya adalah melakukan penertiban di tempat-tempat hiburan yaitu cafe dan tempat karaoke yang ada di daerah Trikora.

Rencananya tempat yang akan disinggahi adalah Karaoke Bintang, Ramona, 3D, Raja Cafe dan Cafe Karindangan. Penertiban berjalan lancar meskipun sempat diguyur hujan ringan.

“Giat yang ke 11 malam ini bersama tim gabungan, kita akan melakukan penertiban di tempat-tempat hiburan yang ada di daerah Jalan Trikora. Seperti biasa, kita lakukan penyisiran, tanyakan ke pengunjung tentang identitas yang dibawa,” Ujar Opda Lapangan Satpol PP Banjarbaru, Yanto Hidayat.

Yang pertama disinggahi adalah Karaoke Bintang yang saat itu masih sepi pengunjung. Hanya ada beberapa wanita berpakaian seksi yang sedang makan, dan semuanya membawa kartu identitas.

Lalu penyisiran berlanjut ke Karaoke Ramona yang ternyata masih beroperasi, yang surat peringatannya keduanya akan habis masa berlakunya tanggal (11/12).

“Karaoke Ramona tinggal 2 malam lagi akan habis masa berlaku surat peringatannya. Mungkin kalau malam ini buka, mereka ingin mencari tambahan penghasilan sedikit sebelum benar-benar ditutup. Karaoke Ramona bermasalah pada perizinan, karena si pemilik sudah meninggal dunia dan izinnya tidak boleh atas nama orang yang sudah meninggal, maka terpaksa tempat usaha itu harus ditutup dan izinnya tidak bisa diperpanjang. Dan juga mereka telah membuat surat pernyataan untuk bersedia tutup dengan kesadaran sendiri,” ujar Yanto.

3D karaoke juga terlihat kosong melompong, terlihat hanya ada beberapa pegawai yang beraktifitas. Lalu berpindah ke Raja Cafe yang memiliki beberapa pengunjung pria dan wanita. Beberapa masih di bawah umur dan banyak pengunjung yang tak membawa identitas diri. Selanjutnya pengunjung tersebut di data oleh petugas dan diberi nasehat agar membawa identitas saat bepergian.

Lalu terakhir adalah Cafe Karindangan yang saat itu sangat ramai pengunjungnya baik dari kalangan tua maupun muda. Pemeriksaan identitas oleh pengunjung berlangsung tertib, ada beberapa pengunjung yang masih di bawah umur akan tetapi mereka didampingi oleh orang tua mereka.

Dari hasil penyisiran ditemukan sebanyak 32 orang pengunjung yang tidak membawa identitas diri, dan telah dilakukan pendataan oleh petugas. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan aman terkendali. (ana)

Tags
Close