oleh

Luar Biasa! Selama 2017, Perpustakaan Tapin Dikunjungi 20.593 Orang

RANTAU, koranbanjar.net – inat masyarakat Kota Rantau mengunjungi Perpustakaan Daerah Kabupaten  di Tapin terbilang tinggi. Tercatat sepanjang  tahun 2017 lalu, ada 20.593 kunjungan ke perpustakaan yang berlokasi di Rangda Malingkung Rantau.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tapin melalui Kepala Bidang Pelayanan Drs. Sibram Mulsi mengatakan kepada koranbanjar.net, para pengunjung berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari Murid PAUD,  TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Guru, Dosen, Pegawai, hingga masyarakat umum.

Di antara pelayanan-pelayanan yang dilaksanakan pihaknya dalam menumbuhkan minat baca kepada masyarakat, di antaranya, melalui program perpustakaan pusat, perpustakaan percontohan hingga perpustakaan keliling.

“Saat ini perpustakaan ini mengoleksi  hampir sekitar  12.193 judul  buku di tahun 2017 akhir dan tahun 2018 ini akan menambah koleksi judul buku lagi. Kemudian jumlah sampel yang tersedia sebanyak 17.350 buku di perpustakaan Tapin yang terbagi di tiga perpustakaan tadi,” ujarnya.

“Banyak perjuangan yang kita laksanakan dalam menumbuhkan minat baca kepada masyarakat, di antaranya perpustakaan keliling yang membawa banyak buku itu ternyata lebih berat dibandingkan membawa kayu. Pernah waktu membawa buku, terjebak dalam permasalahan, untungnya ada pihak seperti truk angkutan  batubara yang bersedia menderek hingga berhasil ke luar dari masalah yang dihadapi di jalan, “ katanya.

Jumlah peminjam buku di perpustakaan ini sebanyak 15 ribu orang dengan rata-rata perhari sekitar 75 orang peminjam buku yang datang. Selama tahun 2017 kemarin jumlah pengunjung sebanyak 20.593 orang. Dan tercatat perpustakaan kita berada di posisi nomor tiga di Kalimantan Selatan untuk kategori jumlah pengunjung.(mj-002/sir/kie)

 

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: