MTQ Nasional Kalsel
Tak Berkategori  

LPDH dan HKm Diberikan Sosialisasi Tentang Agroforestry

TABALONG, KORANBANJAR.NET – KPH Tabalong dampingi Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) untuk mensosialisasikan pengembangan agroforestry.

Materi berupa pengembangan agroforestry yang disampaikan staf BPSKL kepada Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan Hutan Kemasyarakatan (HKm) yang berada dibawah pengawasan RPH Jaro disimak dan diperhatikan dengan seksama oleh seluruh peserta yang berhadir.

Sosialisasi mengenai pengembangan Agroforestry di areal izin perhutanan sosial tersebut difasilitasi oleh BPSKL Kalimantan dengan didampingi KRPH Jaro serta staf KPH Tabalong. BPSKL sebagai fasilitator akan memberikan bantuan hibah berupa dana yang bersumber dari APBN untuk pengembangan usaha produktif pembelian bibit tanaman dan sarana produktif lainnya.

“Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan mampu membangkitkan gairah masyarakat sekitar hutan untuk mengembangkan agroforestry di wilayahnya, sehingga berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kadishut Provinsi Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut., MP.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong tersebut dihadiri oleh 1 LPHD dan 4 HKm yaitu yang tiap HKm diwakili 5 orang perwakilan. Hkm yang berhadir diantaranya HKm Jaro Panca Warga, HKm Rangkang 2 Purui, HKm Mampali Hijau Nalui dan HKm Garagata Bunga Sari serta turut berhadir Kades Garagata.(hmsdishutkalsel/ana)