oleh

Lestarikan Permainan Jadul, Pemkab Kotabaru Gelar Festival Olahraga Tradisional

KOTABARU, koranbanjar.net – Agar olahraga tradisional tidak tergerus seiringnya perkembangan zaman, Dinas Pemuda Dan Olahraga Pemerintah Kotabaru menggelar Festival Olahraga Tradisional di Lapangan Siring Laut, Kotabaru, Selasa (25/6/2019).

Lomba olahraga tradisional tersebut terdiri dari lomba Bagasing, Balogo, Asinan, Tarik Tambang, Bakiak, dan Enggrang, yang diikuti kalangan Forkopimda, SKPD dan siswa-siwsi SMA serta masyarakat Kotabaru.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar terlihat sangat antusias menyaksikan digelarnya lomba olahraga tradisional. Menurutnya, olahraga tradisional yang memang dari turun-temurun sejak zaman nenek moyang dulu, sangat perlu dilestarikan.

“Dengan perkembangan dan kemajuan teknologi ini sehingga akhirnya olahraga tradisional terbelakang, tapi dengan seiring perkembangan dan kemajuan kita yang ada di Kabupaten Kotabaru ini harus Kita gali kembali olahraga tradisional tersebut,” katanya kepada koranbanjar.net.

Ia menuturkan, zaman dulu masih sempat melakukan permainan permainan tradisional, yang mana rasa kebersamaan sesama teman selalu terjalin tiap hari melalui permainan olahraga tradisional. Kini menurutnya olahraga tradisional mulai punah dikalahkan oleh kecanggihan teknologi era sekarang.

“Jadi dalam pelaksanaan lomba olahraga tradisional ini kita tidak mencari kalah atau menang, akan tetapi rasa kebersamaan yang perlu kita jaga dan utamakan,” pungkasnya. (cah/dra)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: