Lampu sering Padam, Ini Jawaban Humas PLN

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Listrik mati sering terjadi akhir-akhir ini. Akibat gangguan jaringan yang disebabkan peristiwa alam.

Terkait dengan hal tersebut, Humas PLN Wilayah Kalselteng, Averroes (27) ketika dikonfirmasi mengatakan, setelah beberapa hari ini cuaca sangat ekstrem sekali, bahkan angin cukup kencang. Bahkan kadang pohon ada yang roboh karena gangguan distribusi di sejumlah daerah seperti Cindai Alus, Banjarbaru, Landasan Ulin dan Banjarmasin, Kamis (6/12/2018).

“Memasuki musim hujan pihak PLN sebenarnya sudah siaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara langsung stand by petugas di lapangan. Sehingga pada saat padam, langsung ditangani. Di beberapa daerah alhamdulillah sudah kami tangani dengan baik, tetapi ya memang perlu membutuhkan banyak waktu,” ujarnya kepada koranbanjar.net.

Pesan PLN kepada masyarakat agar selalu sabar dalam menanggapi lampu padam, karena dari pihak PLN sendiri sudah melakukan yang terbaik, tetapi faktor cuaca dan alam yang tidak bisa di prediksi itu yang menjadi kendala. Sebelum memasuki musim hujan dan kemarau pihak PLN sudah mengantisipasi sebelumnya untuk kendala jaringan selalu rutin dilakukan pemeliharaan secara periodik.

“Permasalahan yang terjadi berbagai macam, ada yang memang jaringannya itu keluar dari konduktornya, ada yang tiangnya miring, kabelnya tertarik dan kendor, dan yang paling sering daun-daun serta pohon sering menempel di kabel. Padahal sebenarnya kabel itu harus bebas dari hambatan sama sekali dan kalau ada yang menempel pasti akan padam,” tambahnya.

Untuk ke depan PLN akan terus melakukan pengoptimalan pemeliharaan jaringan dengan mengecek semua dengan baik. Tetapi kembali lagi jika faktor cuaca dan alam yang tidak dapat di prediksi maka PLN akan segera menangani.(mj-029/sir)