oleh

KPH Tabalong Distribusikan Bibit Sengon untuk Rehabilitasi Lahan

TANJUNG,KORANBANJAR.NET – Sengon mempunyai fungsi ganda dalam sisi manfaat, sebagai pohon peneduh dan penghasil kayu. Sengon bisa tumbuh di Kawasan lembab, tepian sungai maupun di tanah berpasir di kawasan eks tambang. Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tabalong memilih jenis bibit sengon untuk didistribusikan kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Samataam, Desa Kampung Baru, Kecamatan Muara Uya, Jumat (28/06/2019).

Informasi yang dikutipkoranbanjar.net dari KPH Tabalong, jumlah bibit pohon yang bisa tumbuh hingga di ketinggian 1.800 m dpl ini, sebanyak 9.00 batang. Tujuan pendistribusian bibit Sengon adalah rehabilitasi lahan. Apakah bisa langsung ditanam? “Penanaman tetap dilaksanakan karena saat ini hujan masih terjadi di wilayah Kabupaten Tabalong,” kata Misnariah, penyuluh kehutanan setempat.

Tujuan lainnya selain rehabilitasi lahan dan peneduh, Kepala Seksi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Zainal Abidin mengutarakan, kegiatan ini sekaligus mendukung Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Kehutanan Kalsel dalam menggalakkan kegiatan penghijauan, dengan peran serta masyarakat dan institusi terkait. “Ini juga bagian dari

Gerakan Revolusi Hijau yang dicanangkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Haji Sahbirin Noor,” katanya. (Dishutprovkalsel/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: