oleh

KPH PLS Tinjau KTH Pengelola Lebah Madu Kelulut

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Upaya dukungan Percepatan Perhutanan Sosial dilaksanakan oleh KPH PLS dengan melaksanakan pendampingan kelompok Kelompok Tani Hutan (KTH) yang membudidayakan Lebah Madu Kelulut yaitu KTH Harapan Rakyat di Desa Semisir dan KTH Bina Jambangan Desa Sungai Pasir.

KTH Harapan Rakyat memiliki stup kelulut berjumlah 50 buah yang diletakkan di beberapa lokasi yang mana di lokasi tersebut tersedia pakan untuk lebah yang cukup.

Anggota kelompok memperbanyak tanaman pakan dengan menanam beberapa tanaman yang menghasilkan bunga seperti Kaliandra, Kumis Kucing dan tanaman bunga yang lain.

Kadishut Provinsi Kalsel, DR. Hanif Faisol Nurofiq mengatakan, KTH Bina Jambangan merupakan KTH yang menjadi penerima bantuan Lebah madu Kelulut dari kegiatan BPHP tahun 2018 dengan jumlah stup sebanyak 100 stup.

“Anggota KTH Bina Jambangan secara bergotong royong membersihkan lokasi untuk meletakkan stup kelulut dan lokasi untuk penanaman pakan. Sebagian stup diletakkan di bawah pohon yang sedang berbunga, seperti durian dan mangga yang bertujuan untuk menjadi sumber pakan untuk lebah kelulut,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Kadishut mengharapkan dengan bantuan pendampingan kelompok KTH lebah madu kelulut dapat lebih mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat sekitar hutan.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: