oleh

KPH Cantung Apresiasi Kesiagaan PT HRB Terhadap Karhutla

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Untuk meningkatkan kesiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada area konsesi, PT. Hutan Rindang Banua (PT HRB) melaksanakan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) pada area konsesinya di Site Pamukan, tepatnya di Dusun Lipon Desa Bangkalaan Dayak, Kabupaten Kotabaru, Sabtu (01/09).

HRGA Manager, Dedi Herawadi didampingi Supervisor CSR PT. HRB, Rudiansyah memaparkan sosialisasi pembentukan MPA, bahaya kebakaran hutan dan lahan serta sekaligus memfasilitasi pembentukan MPA berupa pemilihan ketua, pengurus dan anggota-anggota.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KKPH) Cantung, Beni Raharjo menyampaikan apresiasi kepada PT HRB atas fasilitasi mereka dalam pembentukan MPA serta mengharapkan adanya pembinaan yang berkesinambungan terhadap MPA yang baru dibentuk.

“KPH Cantung akan terus memonitor MPA yang dibentuk PT. HRB tersebut sebagai bagian dari monitoring terhadap pemegang IUPHHK (Izin Usaha Pinjam Pakai Kawasan Hutan),” ucapnya.

Selain itu, juga disampaikan program-program Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan yaitu penanggulangan karhutla, revolusi hijau, perhutanan sosial, kerjasama atau kemitraan, pembentukan Kelompok Tani Hutan (KTH) forum dan identifikasi potensi hutan.

“Secara khusus diminta kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya pola pengelolaan hutan melalui perhutanan sosial dan kerjasama,” ujar Dedi Herawadi.

Dedi juga menjelaskan bahwa di sela-sela kegiatan juga dilaksanakan survei potensi pemanfaatan kawasan berupa tanaman Akasia yang ditanam oleh masyarakat, yang penanamannya dilaksanakan bekerja sama dengan PT HRB.

“Tindak lanjut dari kegiatan tersebut adalah adanya kesepakatan antara KPH Cantung, PT HRB dan masyarakat untuk segera memproses pemanfaatan kayu tanaman Akasia kerja sama dengan PT HRB dan masyarakat di luar areal HRB dengan pola perhutanan sosial atau kerjasama dengan KPH,” tutupnya.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: