Kotabaru Ajukan Pengadaan Satelit Sistem VSAT

oleh -83 views
Penyerahan proposal penadaan jaringan satelit sistem VSAT kepada Tim Bekraf Kementrian BUMN RI oleh Kadiskominfo Kotabaru, Irianoor (foto: ist/koranbanjar.net)

Kotabaru Ajukan Pengadaan Satelit Sistem VSAT

KOTABARU,KORANBANJAR.NET – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotabaru, ajukan proposal pengadaan jaringan satelit sistem VSAT ke Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI.

Kepala Diskominfo Kotabaru, Irianoor di Kotabaru, Sabtu (23/2) mengatakan, pengajuan proposal dilakukan dalam upaya memperbaiki sistem telekomunikasi, khususnya jaringan internet hingga tingkat desa.

“Pengajuan proposal merupakan respon atas adanya edaran tentang pengucuran bantuan kepada komunitas,lembaga atau pemerintah daerah, terkait pengembangan ekonomi kreatif,” katanya.

Dalam audensi dengan tim Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Kementerian BUMN RI, telah disampaikan bahwa kebutuhan akan jaringan telekomunikasi, khususnya internet, menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan.

“Kondisi geografis yang luas, mengakibatkan terjadinya sumbatan informasi, khususnya dari desa terpencil ke pemerintah kabupaten maupun provinsi dan pusat,” ujarnya.

Apalagi pelaksanaan pembangunan tower maupun BTS yang saat ini mulai berjalan, agak lambat penambahannya.

Untuk itu, Pemkab Kotabaru melalui Diskominfo mengusulkan jaringan satelit sistem VSAT sebagai langkah mengurai sumbatan penyebaran informasi.

Ia menambahkan, dengan adanya jaringan internet di daerah yang tidak ada atau sulit menerima sinyal, merupakan langkah awal masyarakat untuk melakukan dupilikasi yang diharapkan nantinya akan memunculkan inovasi baru.

“kami sangat berharap pihak Kementrian BUMN RI dapat mempertimbangkan proposal tersebut, sehingga masyarakat di desa dapat merasakan dan mendapatkan informasi yang cepat, akurat serta inovatif,” tambahnya.

Tim BEKRAF Kementerian BUMN RI sendiri telah memberikan apresiasi yang sangat bagus atas pengajuan proposal tersebut. (rils/cah/ndi)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan