KOMATIK Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Gelar Pelatihan Jurnalistik

oleh -107 views
KOMATIK Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Gelar Pelatihan Jurnalistik
Peserta Pelatihan Jurnalistik Berfoto Bersama Dengan Para Pemateri /26/10/19. (Foto: ist/koranbanjar.net)

BANJARBARU, koranbanjar.net – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Poltekkes Kemenkes Banjarmasin lewat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komunitas Jurnalistik (KOMATIK) adakan seminar dan pelatihan jurnalistik di Aula 1 Poltekkes Kemenkes Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu (26/10/2019).

Acara dengan tema ‘Membangun Banua, Ciptakan Jurnalis Muda’ ini berlangsung selama dua hari, yakni 26-27 Oktober.

Warda Hafizh, ketua pelaksana Seminar dan Pelatihan Jurnalistik kepada koranbanjar.net mengatakan bahwa pelatihan jurnalistik rutin diadakan setiap tahunnya oleh UKM KOMATIK.

“Tujuannya untuk melatih kemampuan jurnalistik bagi para mahasiswa dan mahasiswi supaya dapat membuat berita sesuai dengan dasar-dasar jurnalisme dan dapat diterima, baik oleh media cetak ataupun elektronik,” tuturnya.

Untuk peserta, kata Warda Hafizh, berjumlah 54 orang.

“Mereka berasal dari Kesehatan Lingkungan, Gizi, Keperawatan, Bidan, Analis Kesehatan dan Keperawatan Gigi,” ucapnya.

Adapun pemateri menghadirkan Harie Insani Putra dari koranbanjar.net yang memaparkan dasar-dasar jurnalistik seperti cara memvalidasi berita, bagaimana agar wartawan bisa selalu peka terhadap isu-isu terkini.

Sedangkan narasumber kedua adalah Akbar Laksana, salah satu jurnalis NET TV. Ia menjelaskan tentang teknik-teknik pengambilan video seperti zoom in-out, panning, tilting, crane shot dan lain-lain.

Salah satu peserta pelatihan jurnalistik, Monika Yati, kepada koranbanjar.net mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena peserta dapat ilmu-ilmu mendasar tentang pengetahuan jurnalistik dari narasumber yang berpengalaman. (komatik/raf/hip)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan