oleh

Kedatangan Kapal Purse Seine Dapat Menghidupkan Dermaga PPI Kotabaru

KOTABARU, koranbanjar.net-Keinginan Komandan Lanal Kotabaru untuk menghidupkan Pelabuhan Dermaga Ikan (PPI) nampaknya akan segera terealisasi.

Pasalnya, pada Jumat (18/10/19) kemarin, dermaga PPI kedatangan Kapal Purse Seine dari Jawa Tengah khususnya dari Juwana untuk melaksanakan kegiatan bekal ulang logistik cair, bahan makanan dan bongkar muat dalam skala kecil serta perbaikan mesin kapal.

Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto mengharapkan kedepannya akan semakin banyak kapal purse seine yang sandar di dermaga PPI Kotabaru, untuk melakukan kegiatan bekul (bekal ulang) logistik dan bongkar muat.

“Dengan begitu, secara tidak langsung akan mewujudkan cita- cita Pemda Kotabaru yang didukung oleh Lanal Kotabaru untuk meramaikan dermaga PPI Kotabaru di sektor kelautan dan perikanan sebagai penggerak roda perekonomian, ” jelasnya Minggu (20/10/2010)

Danlanal juga mengatakan, sebelumnya pada rabu 16 Oktober 2019 lalu, telah dilaksanakan musyawarah antara Organisasi Pedagang Ikan dan Nelayan (OPIN) beserta Nelayan Purse Seine dengan difasilitasi Lanal Kotabaru, yang bertempat di Geladak KAL Kelambau.

“Dari hasil pertemuan itu, intinya adalah Lanal Kotabaru dan OPIN setuju dan mendukung kebijakan Pemda Kotabaru agar pelabuhan PPI dapat diaktifkan kembali, ” ucapnya

Lanjutnya, Lanal dan pihak terkait juga akan menjaga keamanan, sehingga kapal purse seine merasa aman dan nyaman saat sandar di Dermaga PPI Stagen Kotabaru.

Bahkan, segala mekanisme dan aturan akan diatur lebih lanjut untuk kepentingan bersama, dan saat ini kondisi PPI Kabupaten Kotabaru sudah memenuhi standar operasional.

“Saat ini di dermaga tersebut sudah bisa melaksanakan kegiatan yang meliputi tambat dan labuh kapal perikanan, pembongkaran hasil tangkapan, perbaikan alat tangkap, pengisian bahan perbekalan seperti, BBM, air, es dan lain-lainnya, ” pungkasnya.(cah/maf)

Komentar

Jangan Lewatkan