Karang Taruna Desa Batakan Bersihkan Drainase, Karena sering Tersumbat Sampah

oleh -39 views

BATAKAN, koranbanjar.net – Saluran drainase untuk mengatur pembuangan air di Desa Batakan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut tersumbat hingga tak jarang menyebabkan terjadinya genangan saat diguyur hujan, bahkan hingga mengakibatkan rumah warga kebanjiran.

Organisasi Pemuda Karang Taruna Harapan Kita Desa Batakan, Jum’at (9/2) pagi menurunkan 20 orang lebih anggotanya melakukan gotong royong untuk membersihkan saluran drainase yang dipenuhi sampah, akibat ulah oknum warga yang membuang sampah sembarangan.

Rumah di jual di Martapura

Jasa Interior di Kalimantan Selatan

Ketua Karang Taruna Harapan kita Desa Batakan, Sanul mengungkapkan ulah warga membuang sampah sembarangan hingga menumpuk disaluran drainase menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan air hingga ke jalan, bahkan juga sampai ke rumah warga.

“Saluran drainase yang dipenuhi sampah ini menjadi pemicu air hujan tidak lancar mengalir hingga sangat sering terjadi genangan air di jalan bahkan sampai ke rumah warga,” ungkapnya.

Sanul menambahkan gotong royong selain bentuk kesadaran dirinya bersama anggota karang taruna lainnya akan pentingnya kebersihan, juga ingin menyampaikan kepada warga akibat dari kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan akan berdampak buruk juga seperti terjadi banjir.

“Dengan gotong royong ini saya ingin menumbuhkan rasa kesadaran akan pentingnya kebersihan kepada warga agar tidak terjadi dampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Namun, Sanul juga menyadari sarana penunjang kebersihan yang ada di Desa Batakan juga saat ini masih kurang seperti tempat sampah dan kendaraan pengangkut sampah ke tempat pembuangan sampah utama yaitu kontainer yang setiap hari mengantar sampah ke tempat pembuangan akhir.

“Memang saat ini sarana penunjang kebersihan yang dimiliki desa juga masih kurang seperti tempat sampah dan sarana pengangkut sampah, namun akan kami koordinasikan dengan Kepala Desa untuk penambahannya,” lanjutnya.

Apalagi, menurutnya, Desa Batakan merupakan salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Tanah Laut yang menyajikan panorama keindahan pantai dan banyak dikunjungi wisatawan dari lokal, domestik hingga mancanegara.(pri/kie)

 

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *