oleh

Kadishut Kalsel Kunjungi Hutan Lindung di Obyek Wisata Gunung Birah

PANYIPATAN – Gunung Birah adalah obyek wisata alam pada hutan lindung yang dikelola oleh masyarakat melalui Perhutanan Sosial dengan skema Kemitraan Kehutanan dan KPH Tala, yang berlokasi di Desa Kandangan Lama Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut.

Dalam kunjungannya, Kepala Dinas Kehutanan yang akrab disapa Hanif menyampaikan bahwa Gunung Birah saat ini memliki prioritas dalam pariwisatanya, yang pertama adalah potensi dari wisata alamnya, namun hal tersebut kurang diimbangi dengan akses jalan menuju lokasi dan pembangunan insfrastruktur serta kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung.

Oleh Karena itu pada lokasi tersebut direncanakan akan dibantu sarana dan prasana dengan catatan akan dibuat agreement dengan KTH Gunung Birah untuk menghijaukan areal sekitar. “Perlu dipetakan besaran luas areal yang akan ditanami untuk mengetahui kebutuhan bibit,” cetus Kadishut Kalsel.

Bibit yang akan dibantu pada tahun 2019 ini diantaranya adalah sengon, durian, jengkol dan kemiri. Sapras akan dibangun setelah penyusunan DED tahun 2019. Pada kegiatan 2020 antara lain pembuatan jalan, KBR pada tahun 2020 serta akan dilakukan penanaman kopi.

Hanif Faisol Nurofiq juga mengarahkan pada KPH Tala agar kegiatan penyuluhan lebih digiatkan lagi di Gunung Birah terutama untuk menghilangkan kebiasaan bertanam padi di Gunung Birah, kegiatan itu diharapkan dapat memotivasi pelaku wisata dan masyarakat untuk dapat menciptakan suasana yang aman, nyaman, bersih yang memiliki nilai kesejukan, keindahan, ramah tamah dan meberikan kenangan sehingga tidak begitu mudah bagi para wisatawan yang berkunjung untuk melupakannya. (dishutprovkalsel)

Komentar

Berita Terkini