oleh

Kabupaten Tabalong Banyak Menyimpan Keindahan Alam, Ini Diantaranya

TABALONG, KORANBANJAR.NET – Kalimantan Selatan begitu banyak menyimpan keindahan alam. Mulai dari pantai, gunung, air terjun, bahkan goa. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr Hanif Faisol Nurofiq, bersama tim mengunjungi KPH Balangan, Jum’at (23/3) lalu  dilanjutkan perjalanan ke KPH Tabalong untuk meninjau kantor KPH Tabalong mengunjungi lokasi air terjun kinarum di Desa Kinarum, Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong.

Air Terjun Kinarum sendiri berjarak hanya sekitar 4 KM dari pusat Kota Tanjung, ibukota Kabupaten Tabalong, serta 6 KM dari pusat Kecamatan Upau. Selama di perjalanan sebelum menuju Air Terjun Kinarum, rombongan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa, melewati DAM Kinarum serta melewati pohon dan batuan alami.

Hal inilah yang membuat Kepala Dinas Kehutanan Kalsel terpukau akan eksotisnya alam. Rencananya KPH Tabalong akan melakukan kemitraan dengan Kelompok Tani Hutan Watu Marung, dengan harapan hutan terkelola dengan baik, tetap lestari dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.

Selanjutnya, Air Terjun Lano yang berada di Desa Lano, Kecamatan  Jaro, Kabupaten Tabalong pun tak luput dari kunjungan rombongan.  Jarak Desa Lano dengan Kota Tanjung kurang lebih 60 KM dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam, hal ini tentu tergantung kecepatan menuju ke lokasi.

Desa Lano bisa dikatakan salah satu desa paling timur di Kabupaten Tabalong. Hal itu dikarenakan Desa Lano berada dekat dengan perbatasan antara Kalsel dengan Kaltim. Sesampainya di Desa Lano, tepatnya di pintu gerbang yang bertuliskan Objek Wisata Air Terjun Lano, perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 800 meter untuk menuju lokasi air terjun utama.

Dalam perjalanan menuju Air Terjun Lano, lagi-lagi rombongan disuguhi dengan pemandangan alam yang masih asri. Naik turun di jalan setapak, bahkan melewati sungai.

Terakhir rombongan mengunjungi Goa Liang Tapah, Goa ini masih satu kecamatan dengan Air Terjun Lano. Goa Liang Tapah berada di Desa Garagata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong.

Selain menawarkan keindahan di bagian dalamnya, goa yang dinamai Liang Tapah ini juga menawarkan indahnya sungai di dalam goa yang mengalir keluar. Sungai begitu jernih dan terlihat biru.

Melihat keindahan alam di Kabupaten Tabalong ini, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Dr Hanif Faisol Nurofiq mengharapkan agar terkelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Harapannya hutan ini terkelola dengan baik, tetap lestari dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat pada sekitar hutan,” ujarnya.(humasdishutkalsel/dra/kie)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: