oleh

Kabar Gembira, Objek Wisata KSPN Loksado Resmi Dibuka

Wisatawan atau pelancong kini dapat menikmati seluruh keindahan alam pegunungan Meratus di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Loksado, Hulu Sungai Selatan (HSS), Minggu (23/8/2020).

HSS, koranbanjar.net – Kabar gembira pembukaan objek wisata KSPN Loksado ini disampaikan langsung Kepala Disporapar HSS, MK Saputra ketika meninjau beberapa lokasi objek wisata di Loksado pada Sabtu 22 Agustus kemarin.

“Sudah diperkenankan bagi pengunjung, wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di KSPN Loksado,” kata MK Saputra.

Dengan dibukanya objek wisata di KSPN Loksado, diharapkan mampu menaikkan perekonomian masyarakat sekitar. Sebab, pariwisata memberikan efek pengganda (multiplier effect) yang dapat menyentuh banyak kegiatan ekonomi lain baik sektor produksi maupun jasa.

“Harapan kami, dengan dibukanya objek wisata di KSPN Loksado, pelancong dapat menikmati keindahan alam pegunungan Meratus dan tinggal lebih lama disini,” ucap MK Saputra.

Namun, pelaku usaha, pemberi layanan wisata maupun masyarakat yang berkunjung agar selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan virus corona atau Covid-19.

“Tentunya, harus dibarengi dengan mentaati protokol kesehatan. Khususnya selalu menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak,” ujarnya.

Meski objek wisata KSPN Loksado telah dibuka, beberapa lokasi belum bisa dikunjungi oleh wisatawan. Seperti objek wisata Air Panas Tanuhi dan Air Terjun di Desa Haratai.

Kabid Pariwisata Disporapar HSS, Moh Zakir Maulidi menambahkan, Air Panas Tanuhi sedang dalam proses renovasi. Sedangkan objek wisata Air Terjun Haratai belum bisa dikunjungi karena peraturan adat.

“Kami telah memetakan wilayah yang dapat dikunjungi, semua KSPN Loksado kecuali objek wisata air terjun di Desa Haratai sudah bisa dikunjungi,” imbuhnya. (MJ-30/maf)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: