oleh

Jelang Ramadan, Stok Bahan Pangan di Kota Banjarbaru Dinyatakan Aman

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Rapat Koordinasi Ketersediaan Pangan dan Harga Pangan Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional dilaksanakan di aula ULP, Banjarbaru, Rabu (09/05). Walikota Banjarbaru, H. Nadjmi Adhani yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Banjarbaru Siti Hamdah SP., MT., sekaligus betindak sebagai pembuka Rapat secara resmi.

Siti Hamdah menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Ketersediaan Pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional diadakan untuk menghadapi bulan Ramadan dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

“Untuk itu maka diperlukan kesiapan serta persiapan ketersediaan pasokan pangan dan antisipasi kenaikan harga pangan. Agar masyarakat ekonomi menengah kebawah masih mudah dalam mendapatkan pasokan pangan dengan harga seperti biasa, serta dapat menghindari lonjakan harga pangan,” ucapnya.

Maka Pemerintah Kota Banjarbaru, imbuh Siti, berusaha dan berupaya untuk menjamin keamanan pasokan pangan dan lonjakan harga pangan menjelang bulan Ramadhan dan mengadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H melalui Rapat Koordinasi Ketersediaan Pangan dan Harga Pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Banjarbaru. “Sementara itu, untuk ketersediaan bahan pangan di Kota Banjarbaru dinyatakan aman,” tuturnya.

Rapat Koordinasi perlu dilakukan dengan maksud agar dapat mengidentifikasi potensi dan permasalahan yang timbul dalam pengembangan cadangan pangan masyarakat sekaligus untuk mengadakan pembinaan, pengembangan alternatif peningkatan ketersediaan dan cadangan pangan.

“Selain itu, juga untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan pokok menjelang hari besar keagamaan nasional, yakni bulan Ramadhan dan Idul Fitri, serta untuk ketersediaan stok pangan dan upaya menstabilkan harga. Menurut perkiraan, kebutuhan pangan pada bulan Hari Besar Keagamaan Nasional akan mengalami peningkatan,” terang Siti Hamdah.

Dan kesimpulan hasil Rapat Koordinasi Ketersediaan Pangan dan Harga Pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Banjarbaru adalah untuk ketersediaan pasokan bahan pokok menghadapi bulan suci Ramadhan dan mengadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018 dinyatakan cukup. Sedangkan, untuk bawang merah dan kedelai serta gula masih tergantung pasokan dari luar daerah.(humaspemkobjb/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: