oleh

Jalan Desa Habirau Amblas, Diimbau Hati-hati Saat Melintas

DAHA SELATAN, koranbanjar.net – Jalan Pelayar di Desa Habirau Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengalami amblas. Penurunan secara perlahan, puncaknya pada Selasa (27/8/2019). Masyarakat yang melintas diimbau berhati-hati.

Jalan yang berdekatan dengan kantor Desa Habirau itu mengalami amblas sepanjang 60 hingga 70 meter, dengan panjang penurunan sekitar 60 sentimeter.

Kepala Desa Habirau Marjuki saat dikonfirmasi koranbanjar.net Kamis (29/8/2019) mengatakan, sejak dua bulan lalu sudah terjadi retak pada titik tersebut.

Dipaparkannya, sejak 13 Agustus sudah mulai berangsur penurunan signifikan sekitar 5 sentimeter. Penyebabnya selain faktor kondisi tanah rawa yang lembek, juga sering dilalui angkutan berat, yang menyebabkan semakin hari semakin parah. Puncaknya pada Selasa kemarin.

Kondisi amblasnya jalan ini membuat aktivitas masyarakat terganggu. Mereka khawatir saat melintas. Bahkan, diungkapkan Marjuki, sudah ada beberapa kali warga terjatuh.

Marjuki mengungkapkan, sebenarnya jalan tersebut sudah beberapa kali mengalami amblas namun tidak terlalu parah. Terakhir kali diungkapkannya pada 2015 lalu.

Bupati HSS Achmad Fikry Kamis (29/8/2019) pagi saat meninjau lokasi itu mengatakan, pihaknya akan segera mengambil langkah cepat dengan penanggulangan sementara.

Ia mengimbau, sementara ada gangguan jalan agar berhati-hati saat melintas. Angkutan berat disarankan mengurangi bebannya ataupun menggunakan jalan lain.

“Jangan dipaksakan, karena bisa membahayakan, terutama di malam hari,” imbaunya.

Plt Kepala Dinas PUTR HSS Tedy Soetedjo mengatakan, akan menurunkan excavator untuk pengerukan dan meratakan tanahnya.

Penanganan sementara dilakukan sambil melakukan kajian oleh konsultan.

Di lokasi sudah dipasang rambu peringatan untuk berhati-hati saat melintas. Selain itu titik tersebut masih bisa dilalui roda 4 dengan beban ringan. (yat)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: