MTQ Nasional Kalsel
Tak Berkategori  

Jalan Bypass ini Menjadi Tempat Ngabuburit Favorit di Barabai

BARABAI, KORANBANJAR.NET Jalan bypass di Desa Kapar – Walangsi yang saat ini mulai diperbaiki di beberapa wilayah di antranya di Desa Palas – Banua Budi, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), ini menjadi alternatif masyarakat sekitar untuk ngabuburit.

Terpantau tidak hanya dari kalangan anak muda yang bersantai menunggu beduk, juga banyak anak-anak dan orang dewasa. Tidak hanya warga Barabai, warga dari luar pun juga banyak menghabiskan waktu menunggu buka puasa di sana, seperti dari Ilung Kecamatan Batang Alai Utara atau dari warga Kecamatan Labuan Amas.

Banyaknya warga yang berkumpul di jalan tersebut dimanfaatkan oleh pedagang takjil.

Khaidar, Warga Desa Banua Binjai, Kecamatan Barabai, mengatakan jalur bypass merupakan tempat yang pas untuk ngabuburit. Bukan tanpa alasan, menurutnya ramainya masyarakat ke sana menjadi daya tarik bagi masyarakat yang lainnya.

“Tempatnya ramai, selain itu juga sebagai tempat berkumpul dengan teman-teman ditambah adanya yang jual takjil membuat semakin ramai,” ujarnya kepada koranbanjar.net, Rabu (23/5) sore tadi.

Selain itu, adanya berbagai atraksi dari komunitas air modeling menjadi magnet tersendiri, seperti dituturkan warga Pajukungan Kecamatan Barabai, Puji Rahayu. Menurutnya hal itu menjadi daya tarik tersendiri lebih-lebih momennya di bulan Ramadan.

“Kalau lagi sore banyak orang berdatangan, juga bisa nonton atraksi dari komonitas air modeling, jadi kita juga ikut ke sini,” jelasnya.

Jalan bypass sendiri merupakan jalan yang dibuat untuk mengelak dari kawasan yang padat, kota, kampung atau desa tertentu sehingga lalu lintas terusan dapat melewati kawasan tersebut dengan gangguan samping yang minimal sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas. (mj010/dra)