oleh

Inilah Keberhasilan Banjar saat Dipimpin Khalilurrahman – Saidi Mansyur

MARTAPURA,KORANBANJAR.NET- Setelah berbagai rangkaian dilaksanakan, kini Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Hari Puncak Peringatan Hari Jadi ke 68 Kabupaten Banjar, Rabu (15/08/2018) di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurahman dalam sambutan mengatakan, dia sangat bersyukur dapat menyelenggarakan puncak Hari Jadi Kabupaten banjar yang tentu dalam suasana penuh kebahagiaan. Dan dia juga mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banjar, dan juga kepada Provinsi Kalimantan Selatan yang juga telah berusia ke-68.

“Hari ini dalam suasana semangat dan penuh kebahagiaan, kita dapat melaksanakan puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar Tahun 2018. Genap 68 tahun usia Kabupaten Banjar, begitu pula dengan Provinsi Kalimantan Selatan yang juga berusia sama 68 tahun. Untuk itu, saya selaku Bupati Banjar mengucapkan Selamat Memperingati Hari Jadi ke 68 Kabupaten Banjar, dan kami jajaran pemerintah daerah beserta seluruh masyarakat Kabupaten Banjar menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi ke-68 Provinsi Kalimantan Selatan, semoga Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar selalu harmonis dan bersinergis dengan baik demi kemajuan daerah tercinta,” ujarnya

Puncak Harjad
Puncak Harjad

Dia menambahkan, hari jadi ini adalah tonggak sejarah yang mempunyai peran sebagai rujukan dalam semangat membangun daerah, karena kedudukan daerah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sehingga dapat dikatakan kedudukan hari jadi dapat memperkuat rasa kecintaan kita kepada negara dan bangsa. Untuk itu, keberhasilan yang sudah kita rasakan saat ini di Kabupaten Banjar tidak terlepas dari perjuangan para pendahulu kita, terutama yang terhimpun dalam Panitia Tujuh Penelitian Sejarah Kabupaten Banjar. Semoga peran penting dari pendahulu kita tersebut menjadi motivasi dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Banjar,” katanya.

Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu juga menuturkan, sejak tahun 1950 hingga sekarang, Pemerintah Kabupaten Banjar telah mengalami 20 kali pergantian Kepala Daerah. Pemerintah pun terus berbenah untuk meningkatkan perkembangan dan kemajuan pembangunan di setiap bidang.

Berbagai bentuk capaian keberhasilan dan prestasi yang sudah dirasakan saat ini, tidak terlepas dari upaya bersama dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Banjar serta segenap stakeholder yang ada.

Seiring dengan tema Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar tahun ini, yakni “Bersama Masyarakat Membangun Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah.”

Dengan tema ini saya mengajak kepada semua elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Banjar, untuk tetap mempertahankan kebersamaan dan keterpaduan yang telah tercipta selama ini. Kita perkuat lagi kesatuan gerak dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar tema yang saya sebutkan tadi, sangat sejalan dengan visi Kabupaten Banjar yaitu “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah”, tema tersebut diharapkan menjadi magnet untuk mencapai esensi dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Selain itu dimasa tiga tahun dirinya menjabat sebagai Bupati Banjar, perjalanan pemerintahan dan pembangunan di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, kini beberapa pencapaian khususnya melalui tiga program prioritas yang sesuai dengan visi-misi Kabupaten Banjar, yaitu (1) Peningkatan Pendidikan Dalam Bentuk Perbaikan Kualitas Pendidikan Formal dan Pendidikan Agama serta Pendidikan Keagamaan. (2) Peningkatan Layanan Kesehatan. (3) Pembangunan Infrastruktur.

“Selanjutnya, terkait dengan 3 capaian program prioritas di antaranya , pada Bidang Pendidikan Formal dan Pendidikan Agama; adanya program wajib Khatam Alquran di tingkat SD dan SMP (sesuai dengan Perda Khatam Qur’an), kami menerapkan Pendidikan Baca Tulis Al-Quran (BTA) ke dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal, program ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016, siswa akan mendapatkan sertifikat khatam qur’an yang diterbitkan Dinas Pendidikan. Sehingga untuk mendukung program tersebut kami melakukan penempatan guru agama khusus terdidik. Alhamdulillah pencapaian peserta didik SD dan SMP yang memenuhi persyaratan kompetensi baca tulis Al-Qur’an mencapai 101,56% melebihi dari target 90,00% sehingga dikategorikan sangat baik,” jabarnya.

Kemudian pada pendidikan keagamaan, pencapaian jumlah unit aktif TKA/TPA Al-Qur’an hingga tahun 2018  sebanyak 382 unit, selanjutnya santri yang sudah diwisuda sebanyak 3.944 santri.

“Insya Allah target kami pada tahun ini akan mewisuda 2.127 orang santri. Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Banjar masih terbanyak dalam mewisuda santri TK/TPA Al-Qur’an se-Kalimantan Selatan. Selain pembinaan TK/TPA Al-Qur’an, Pemerintah Kabupaten Banjar juga membuka program PEMUDA MENGAJI yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga.

“Kami juga bersyukur di Bidang Kesehatan, telah terakreditasinya 15 buah puskesmas dari Kementrian Kesehatan RI, dan salah satu puskesmas kami yaitu Puskesmas Martapura I telah berhasil menerapkan aplikasi online Sikda Generik yang menjadi pioner dan percontohan se Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, melalui pembangunan infrastruktur daerah yaitu,  terealisasinya jalan kabupaten dalam kondisi mantap dengan total sepanjang 537,99 km atau 68,85%, kemudian jalan desa dalam kondisi baik memiliki total panjang 783,0 km atau 70,12%, dan kami juga berinovasi untuk menggencarkan Program Pengurangan Jamban Terapung di wilayah bantaran sungai dengan motto “OM TOILET OM”

Dia berharap, penguatan di 3 program prioritas tersebut sebagai bentuk pelayanan publik kepada masyarakat dan benar-benar dapat langsung dirasakan masyarakat Kabupaten Banjar.

Kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Banjar dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Bapak H. Rudy Resnawan, mantan Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Arifin, mantan Wakil Bupati Banjar H Mawardi Abbas.

Kepala Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian dari Kementrian Pertanian RI, Bapak Prof. Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan beserta Forum Koordinasi Pimpinan Dearah Provinsi Kalimantan Selatan yang berhadir, Ketua DPRD H Rusli bersama anggota DPRD Kabupaten Banjar, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjar.(sai/sir)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: