oleh

Ikuti Kalsel Expo 2019, Ini Yang Akan Ditampilkan Dekranasda HSS

BANJARBARU, koranbanjar.net – Selain produk kerajianan daerah, Dewan Kerajianan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) juga akan menampilkan stand berupa replika Masjid Suada yang merupakan salah satu ikon HSS, pada keikutsertaannya di Kalsel Expo 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Murjani Banjarbaru Kota mulai Jumat (30/8/2019).

Menurut Yusran, dari Dekranasda HSS, dalam dua hari terakhir Dekranasda masih dalam proses penyelesaian akhir untuk pembuatan stand.

“Masih dalam proses finising. Bahan pembuatan stand kami buat kombinasi bahan daur ulang kertas bercampur serat galam. Dengan motif asli dari daun bambu, bentuknya replika masjid Baangkat,” paparnya, Rabu (28/8/2019) menyebut Mssjid Suada di Kecamatan Simpur HSS.

Yusran mengatakan, di stand itu nantinya akan ditampilkan kerajianan-kerajinan dari HSS seperti gerabah,

aneka olahan kayu, sasirangan, hingga aneka anyaman bambu. Bagi yang mau membeli, harga jual beragam yang masih kategori terjangkau.

“Murah saja, seperti pisau ada yang lima ribuan (rupiah), serta gerabah berbentuk tabungan ada yang sepiuluh ribuan (rupiah). Tidak ada yang mahal,” ucapnya saat dihubungi koranbanjar.net.

Tujuan keikutsertaan mereka, ujar Yusran, untuk mempromosikan hasil kerajinan yang ada di HSS. Mulai dari kerajinan masyarakat di daerah Daha sampai Loksado.

Ia mengungkapkan, juga membawa pengrajin langsung ke stand tersebut. Tujuannya agar bisa menyampaikan, baik dari aneka olahan, bahan atau proses dari pembuatan. (yat)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: