oleh

Humas Polda Kalsel Akui Kebablasan Informasi, Keduluan Wartawan

BANJARMASIN, koranbanjar.net – Humas Polda Kalsel mengakui kalau selama ini kebablasan informasi, malah keduluan wartawan mengetahuinya.Hal itu dikarenakan lambannya petugas menyampaikan suatu kejadian tersebut.

Oleh karenanya saat wartawan konfirmasi terkait suatu perkara atau kasus yang terjadi, pihak Humas justru tidak mengetahui.

“Sebenarnya ini hanya soal komunikasi, kami akui selama ini kebablasan informasi, justru wartawan yang mengetahuinya lebih dahulu, ini akan kami perbaiki kedepannya,” ujar Kasubbid Multimedia AKBP Amin Rovi menanggapi pernyataan wartawan dalam kegiatan silaturahmi awak media Kalsel dengan Humas Polda Kalsel, bertempat di Hotel Rodhita Banjarmasin, Rabu (12/2/2020).

Sebelumnya, Risanta wartawan Trans 7 mengatakan antara wartawan dengan pihak kepolisian harus memahami tugas masing-masing, yang paling penting soal mekanisme saat terjadi kasus pemanggilan wartawan ketika ia dianggap salah.

“Memanggil wartawan tidak serta merta harus datang, karena ada mekanismenya, Pimprednya terlebih dahulu dipanggil. Namun bukan pula kebal hukum karena ada undang-undang pers yang mengaturnya, yakni UU Pers Nomor 40 tahun 1999,” terangnya.

Kemudian lanjut Risanta, jika ada diskusi dengan media, kalau memungkinkan lebih baik mengundang Dewan Pers, ” supaya jangan lagi terjadi miskomunikasi,” tegasnya.

Penyampaian yang lain dari wartawati Duta TV, Elsa. Ia mengemukakan Humas Polda sering lamban memberikan respon ketika media ingin konfirmasi.

“Faktanya, Humas terkesan lamban memberikan informasi, banyak pertimbangan ini dan itu, pokoknya kalau bisa informasi yang diinginkan wartawan harus lengkap dan sudah terkondisi,”katanya.

Menjawab pertanyaan dua orang awak media, Amin hanya bisa mengakui kekurangan dan keterbatasan kemampuan yang dimiliki.Namun baginya ini akan menjadi masukan paling penting bagi Humas sebagai mitra media.

“Kedepannya jangan sungkan-sungkan datang ke Humas, kami akan memberikan apa yang ingin kalian ketahui sesuai kapasitas dan kemampuan kami, jangan sungkan mengkritik kami, karena polisi juga manusia pasti ada salah,” jelas Amin Rovi.

Di akhir pertemuan, Kasubid Humas Polda Kalsel, Hamsan mengatakan kekurangan terkait informasi akan segera diperbaiki. Saat ini tambah Hamsan, berita Humas sudah tersampaikan ke publik dengan baik, walaupun masih ada beberapa kekurangan terutama soal pembinaan yang tidak terkaver.

“Insan pers Kalsel adalah medianya Polda Kalsel,” ucapnya disambut tepuk tangan puluhan Insan Pers Kalsel yang berhadir.(yon

Komentar

Jangan Lewatkan