HSS Topang Produksi Pangan Nasional

oleh -276 views
PANEN RAYA – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, bersama rombongan memanen padi gogo di lahan pertanian Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, Kamis (28/3). (foto: Diskominfo HSS)

LOKSADO, KORANBANJAR.NET – Dengan produktifitas panen 268 ribu ton padi pada 51 ribu hektar luas lahan pertanian, swasembada Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dianggap mampu menopang kehidupan masyarakat HSS.

Hal itu dituturkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian (Distan) HSS, Muhammad Noor, saat panen raya di lahan padi gogo, Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, Kabupaten HSS, Kamis (28/3/2019).

“Bahkan kelebihan hasil panen ini juga mampu menopang kebutuhan masyarakat secara nasional. Makanya Kalsel berada di urutan 10 nasional penyumbang pangan, khususnya padi. Inilah dukungan HSS kepada provinsi dan negara,” ujarnya.

Dia menambahkan, setelah panen raya ini, lahan pertanian akan dimanfatkan masyarakat Loksado untuk kegiatan pertanian palawija seperti penanaman kacang tanah, jagung, cabe rawit dan lainnya.

Panen raya di lahan padi gogo ini dihadiri langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Pejabat Sekdakab HSS, Dandim 1003 Kandangan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Kepala Dinas PUPR Kalsel, Camat Loksado.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sahbirin Noor memuji kerja keras para petani Desa Lumpangi.

“Para petani yang ada di sini adalah para pahlawan di bidang pangan karena selalu bersemangat dan tak kenal lelah untuk terus bekerja menunjukkan kemandirian pangan di banua  kita tercinta ini,” katanya.

Sahbirin Noor juga menyampaikan bahwa dirinya yakin sektor pertanian di Kalsel dapat menyediakan lapangan pekerjaan yang luas, mewujudkan ketahanan pangan, meningkatkan perekonomian serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Insya Allah tekad kita bulat untuk selalu ada demi pertanian kita, dan keseriusan pemerintah juga saya harapkan bisa medapat dukungan dari masarakat, yang secara langsung menjadi ujung tombak pembanguan di bidang pertanian dan ketahanan pangan,” pungkasnya. (yat/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan