oleh

Harjad HSS Ke-69; Ini Makna Logo dan Taglinenya

KANDANGAN, koranbanjar.net – Sudah 69 tahun Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berdiri, logo dan tagline karya M Zaini yang merupakan juara sayembara, dipakai untuk segala hal berkaitan dengan kegiatan hari jadi Kabupaten HSS tersebut.

Pada acara syukuran hari jadi HSS ke-69, Minggu (1/12/2019) di lapangan Lambung Mangkurat Kadangan, diserahkan hadiah untuk pemenang saembara logo dan tagline. Juara I sayembara mendapatkan hadiah uang senilai 5 juta rupiah beserta trofi, juara II mendapat 3 juta rupiah dan trofi, dan juara III mendapat uang 2 juta rupiah serta trofi pula.

Harjad HSS Ke-69; Ini Makna Logo dan Taglinenya

Angka 69 pada logo menunjukkan usia Kabupaten HSS, yang dibentuk dengan menggabungkan unsur warna, yang masing-masing mempuyai arti dan mengandung harapan. Kuning artinya bahagia dan rasa optimis, merah berarti berani dan semangat yang tinggi, hijau artinya kedamaian dan kesuburan. Selanjutnya biru artinya kuat, kecerdasan dan kemakmuran.

Peletakan beberapa ikon Kabupaten HSS pada logo, seperti Tugu Dodol, Tugu Ketupat, Tugu Adipura, dan Taman Palindangan Sehati merupakan simbol identitas daerah, sekaligus mempresentasikan upaya dan beberapa hasil pembangunan di Kabupaten HSS.

Adapun taglinenya, kalimat ‘Ulama umara samupakat’ mengggambarkan di Kabupaten HSS, ulama dan umara selalu menjalin komunikasi dengan harmonis dalam melaksanakan kebijakan pembangunan, umara selalu memperhatikan pendapat dari arahan ulama.

Sementara kalimat ‘Gawian babarkat gasan akhirat’, berarti kebijakan dalam pembangunan selalu diarahkan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, sehingga keberkahan Insya Allah akan mengiringi segala usaha dan hasil yang dicapai. Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai prestasi dan penghargaan yang telah diraih Pemkab HSS.

Pondasi dan nilai-nilai religius yang selalu diajarkan ulama akan menjadi pedoman bagi umara dalam membangun banua untuk mencapai masyarakat yang sejahtera dunia dan akhirat.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, tagline hari jadi yang berbunyi “Ulama umara samupakat, gawian babarkat gasan akhirat”, merupakan tindak lanjut pencapaian visi pemerintahannya, mewujudkan masyarakat HSS yang sejahtera dunia dan akhirat.

“Mudah-mudahan dengan doa kita bersama hari ini, HSS menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” tutur Achmad Fikry . (yat)

Komentar

Jangan Lewatkan