Baznas

H Ahmad Terpilh Menjadi Ketua BumDes Sarang Tiung, Ini Harapannya…

  • Bagikan

KOTABARU – Pelaksanaan pemilihan Ketua BumDes untuk desa Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru telah dilangsungkan Senin (08/01).

Sebelum acara pemilihan Ketua BumDes yang dilaksanakan di ruang rapat, samping kantor Desa Sarang Tiung tersebut, Kabid DPMPD Hairil Effendi. SSos memberikan pencerahan terkait BumDes, karena semua erat kaitannya dengan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke seluruh wilayah Indonesia.

Dana desa utamanya dikucurkan ke seluruh Pemerintahan Desa di Indonesia. Dalam hal tersebut ada tiga yang mendasari bila sudah terbentuk BumDes, antara lain menjalankan roda ekonomi, termasuk pembayaran gaji pengurus serta kepentingan sosial lain.

Pemilihan yang langsung dipimpin Kades Sarang Tiung, Muhammad Yohanis berlangsung alot sehingga menambah suasana semakin riuh. Pada akhirnya, H Ahmad terpilih mengalahkan 2 pesaing.

Hasil konfirmasi dengan Ketua BumDes terpilih, langkah awal setelah terpilih ia akan melakukan sosialisasi bersama dengan pembina BumDes, Muhammad Yohanis selaku Kades Sarang Tiung, juga bersama seluruh anggota BPD.

Dia juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak perusahaan yang ada di Desa Sarang Tiung serta akan mencoba mencari terobosan baru bersama para pengusaha ikan yang ada di Desa Sarang Tiung.

Karena warga rata-rata bertempat tinggal di tepi laut atau pesisir, salah satu yang amat dominan untuk  BumDes yaitu akan mencoba bekerjasama dengan pihak angkutan yang ada di desa.

Ahmad menambahkan, terkait masalah langkah awal untuk BumDes di Desa Sarang Tiung ini kebanyakan masyarakat di desa Sarang Tiung adalah nelayan, dan tidak mungkin menutup mata ke depan, sudah tentu akan mengembangkan pariwisata.

Disinggung harapan ke depan, desa Sarang Tiung baru pertama kali membentuk BumDes, lapangan pekerjaan untuk masyarakat Desa Sarang Tiung semakin mudah dari sebelumnya.

Kepala Desa Sarang Tiung, Muhammad Yohanis selaku Pembina BumDes di Desa Sarang Tiung mengatakan, harapan ke depan dengan terpilihnya H Ahmad ini, benar-benar bisa dan mampu membawa perubahan desa.

Karena pemilihan ini dilakukan bersama dan mulai dari RT 01 s/d RT 12 serta Kadesnya pun hadir semua. “Bahkan kita libatkan PKK yang ada untuk hadir bersama anggota majelis taklim, tokoh masyarakat dan pemuda.(dam)

  • Bagikan