MTQ Nasional Kalsel
Tak Berkategori  

Gubernur Kalsel Mengapresiasi 16 SKPD Peraih Nilai A pada SAKIP 2017

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengapresiasi kinerja 16 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terbaik yang berhasil meraih predikat nilai A (memuaskan) pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) 2017.

Apresiasi itu disampaikan Gubernur pada Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP SKPD Tahun 2017 dan Rapor Kinerja SKPD Semester 1 Tahun 2018 di Bappeda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (31/7) kemarin.

“Saya mengapresiasi kinerja SKPD yang telah bekerja keras untuk memperoleh nilai SAKIP A atau memuaskan. Ada 16 SKPD yang memperoleh nilai A, 17 SKPD mendapat nilai BB, dan ada 14 SKPD yang mendapat nilai B,” ucap gubernur.

Tercatat, dari 16 SKPD terbaik itu, Inspektorat Kalsel berhasil memperoleh nilai tertinggi, yakni 82,51 dengan kategori A. Sedangkan di peringkat kedua, didapatkan oleh Bappeda Kalsel dengan nilai 82,13 kategori A. Sementara peringkat ketiga didapatkan Biro Organisasi Kalsel dengan nilai 81,88 kategori A.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sahbirin Noor juga mengatakan, SAKIP merupakan semacam alat untuk menata manajemen pemerintahan agar menjadi lebih baik, efektif dan efisien, sebagaimana yang diamanatkan dalam Perpres No 29/2014 tentang SAKIP dan Permenpan N0 53/014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Review atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah.

Berkaitan dengan pentingnya peningkatan nilai SAKIP, Sahbirin Noor berharap kepada SKPD yang belum mendapat kategori memuaskan agar lebih memacu kinerjanya untuk mendapat nilai terbaik.

“Bagi SKPD yang sudah baik dalam menyusun SAKIP, tentu saja harus dipertahankan dan ditingkatkan. Bagi SKPD yang masih belum mencapai SAKIP sesuai harapan, saya minta untuk bekerja lebih maksimal. Perbaiki kekurangannya, konsultasikan, dan jangan gengsi untuk belajar dengan SKPD yang mampu menyajikan SAKIP dengan baik. Kepala SKPD jangan pelit-pelit bagi ilmu kepada temannya,” pintanya.

Dengan diumumkannya hasil SAKIP SKPD 2017 dan penyerahan Rapor SKPD Semester I 2018 ini, dikatakan Sahbirin Noor, maka, semua pimpinan perangkat daerah kiranya bisa memaknainya untuk melakukan perbaikan dalam melaksanakan SAKIP. (hmsprov/dny)