Giliran Koperasi GAKOPRIM Gelar Rapat Anggota Tahunan

oleh -78 views
RAPAT ANGGOTA - GAKOPRIM Banjarbaru mengadakan RAT tahun buku 2018 yang dihadiri Wakil Walikota Banjarbaru.

BANJARBARU,KORANBANJAR.NET – Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan didampingi Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Banjarbaru Ir H Suparno, Kabid Kelembagaan UMKM Hj Isnawati MM dan Ketua Gabungan Koperasi Primer (GAKOPRIM) Banjarbaru Muchtolib menghadiri sekaligus membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) GAKOPRIM Banjarbaru tahun buku 2018, bertempat di Kantor GAKOPRIM, Jalan Karang Anyar I Komplek Madani Land, Loktabat Utara, Banjarbaru, Sabtu (16/02/2019).

Ketua GAKOPRIM Banjarbaru Muchtolib menyampaikan, terima kasih atas kehadiran dari Wakil Walikota Banjarbaru untuk membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi tahun buku 2018 di GAKOPRIM Banjarbaru. “Semoga ini membawa dampak positif bagi GAKOPRIM Banjarbaru, katanya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Banjarbaru Ir H Suparno juga menyampaikan apresiasi kepada Wakil Walikota Banjarbaru yang telah bisa berhadir pada kegiatan RAT Koperasi tahun buku 2018 di GAKOPRIM Banjarbaru.

“Dekopinda Banjarbaru telah mengusulkan Walikota dan Wakil Walikota untuk menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi,” ucapnya.

Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan mengutarakan, melalui rapat anggota tahunan ini, akan memberikan semangat baru untuk menjalankan dan mengembangkan koperasi ini agar semakin mandiri dan kuat serta semakin besar peranannya dalam meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Perkoperasian dan hal ini sejalan dengan tujuan berdirinya koperasi yakni meningkatkan kesejahteraan anggota, keluarganya dan masyarakat melalui pelayanan koperasi,” ujarnya.

Karena sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, rapat anggota tahunan sebutnya menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya. Selain itu, juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan.

“Rapat anggota tahunan bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan,” sebutnya.

Dalam rapat anggota tahunan merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi, karena dalam forum ini akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan rencana kerja, serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi.

“Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja koperasi dapat lebih disempurnakan lagi” katanya.

Sebagai sebuah badan usaha yang berorientasikan kepada kepentingan ekonomi anggotanya, maka pelayanan terhadap anggota sangat diutamakan karena yang utama menggerakkan usaha koperasi tidak lain adalah anggotanya sendiri. Oleh karena itu, agar koperasi dapat berfungsi dengan baik dan mampu mencapai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, maka koperasi harus mampu bekerja secara efektif dan efesien. Ada beberapa indikator yang dapat menggambarkan tingkat kemampuan koperasi di dalam menjalankan visi dan fungsinya.

Pada kesempatan itu Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menyerahkan piagam penghargaan kepada Ketua GAKOPRIM Banjarbaru. (humaspemkobjb/maf).

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan