oleh

Galeri dan Angkringan Semakin Marak di Cempaka

BANJARBARU, koranbanjar.net – Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani resmikan Galeri Pusat Oleh-oleh khas Cempaka yang teralamat Jalan HOS Cokrokusumo Kelurahan Cempaka, Banjarbaru, Senin (12/8/2019).

Galeri ini menjual produk kerajinan masyarakat Cempaka seperti Sasirangan Bordir, Kerajinan Purun, Karajian Air Guci, pruduk olahan makanan serta produk kerajinan lainnya.

Galeri oleh-oleh ini memanfaatkan eks rumah dinas Camat Cempaka yang tidak ditinggali. Bangunan eks rumah dinas ini akhirnya dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Cempaka.

Di bagian halaman bangunan galeri ini, dijadikan angkringan yang menjual berbagai makanan tradisional Banjar sepeti putu mayang, kokoleh, putu mayang, dan berbagai makanan tradisional Banjarbaru yang terkenal nikmat, beraneka ragam dan harganya bersahabat.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani yang hadir untuk meresmikan Galeri dan Angkringan ini berharap agar galeri dan angkringan dikelola dengan baik sehingga bisa maju dan berkembang.

“ini adalah salah satu alternatif usaha yang bisa dikembangkan di Kecamatan Cempaka, sehingga masyarakat Cempaka bisa lebih baju dan berkembang,” ucapnya.

Dia menyarankan agar angkringan ini diberi hiasan lampu hingga suasananya menjadi terang saat malam, dan bisa lebih menyenangkan.

Sementara, Lurah Cempaka Junaidi mengungapkan bahwa nantinya di gerai tersebut diadakan mesin bordir, karena saat ini permintaan untuk membordir kain sasirangan sangat tinggi dan pengrajin di Cempaka merasa sangat kewalahan.

“Harapannya, dari usaha seperti ini, ekonomi masyarakat akan terangkat, kesejahteraan meningkat, rumah tangga tenang dan kondisi masyarakat pun menjadi aman,” ucap Lurah.

Acara diakhiri pemotongan pita oleh Hj Ririen Kartika Rini MP, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru yang juga istri Walikota Banjarbaru sebagai tanda dibukanya gerai ini, dilanjutkan peninjauan ruang pamer galeri. (maf/dya)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: