Scroll ke bawah untuk melanjutkan
Koran Banjar
Koran Banjar
Banjar

Forum Konsultasi Publik Layanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Banjar

Avatar
523
×

Forum Konsultasi Publik Layanan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Banjar

Sebarkan artikel ini
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar H Ikhwansyah membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Layanan Administrasi Kependudukan dan Fokus Group Discussion (FGD) Raperda Adminduk, Senin (10/2/2025) pagi di Ruang Intan 1 Hotel Qin Banjarbaru. (Sumber Foto: Kominfo Kabupaten Banjar/koranbanjar.net)

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar H Ikhwansyah mewakili Bupati Banjar H Saidi Mansyur membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Layanan Administrasi Kependudukan dan Fokus Group Discussion (FGD) Raperda Adminduk, Senin (10/2/2025) pagi di Ruang Intan 1 Hotel Qin Banjarbaru.

BANJAR,koranbanjar.net – Dikatakan Ikhwansyah, berdasarkan PermenPAN RB Nomor 4 Tahun 2023 kementerian telah menyelenggarakan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik kepada seluruh pelayanan.

Advertisement
Koran Banjar
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Termasuk juga pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar.

Salah satu kebijakan dalam evaluasi tersebut lanjut Ikhwansyah adalah kebijakan pelayanan, yang mengharuskan penyelenggara pelayanan publik untuk menggelar FKP.

Forum tersebut bukan hanya formalitas, melainkan sebagai wujud nyata dalam komitmen pemerintah daerah untuk membuka ruang partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan desain dan evaluasi layanan publik.

“Dengan melibatkan masyarakat diharapkan setiap kebijakan dan program yang telah dirancang mampu menjawab kebutuhan serta harapan masyarakat Kabupaten Banjar lebih tepat sasaran,” harapnya.

Dirinya juga berharap banyak masukan, saran dan kritik membangun yang disampaikan oleh peserta guna pelayanan lebih maksimal.

Sementara Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar Azwar mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan pemahaman yang sama dan solusi atas permasalahan yang ada.

Antara lain terkait pembahasan rancangan, penerapan, dampak dan evaluasi kebijakan oleh penyelenggara pelayanan,  sehingga diperoleh kebijakan yang efektif dalam pelayanan publik.

“Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kualitas adminduk,” harapnya.

Peserta kegiatan dari berbagai kalangan seperti lembaga pemasyarakatan, stake holder pelayanan, akademisi, media masa, kelompok rentan, disabilitas, tokoh masyarakat, SKPD terkait, desa dan kelurahan.

Dalam kesempatan ini juga diluncurkan 3 inovasi milik Disdukcapil Banjar antara lain, Inovasi Lapat Manis, Lapor Datu dan Pelukis Desa. (dya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Protes RUU Anggota Parlemen Menari Perang Prabowo Ajak Puasa 5 Tahun KPK Lelang Barang Koruptor Gus Miftah Meminta Maaf Gus Miftah Ejek Penjual Es Teh