Tak Berkategori  

ESQ Training Kembali Dilaksanakan, Kali ini Secara Outbound

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) kembali diadakan oleh Gabungan Organisasi Wanita Kota Banjarbaru, namun kali ini ada yang berbeda yakni dilaksanakan di luar ruangan. Kegiatan yang bertajuk ESQ Spiritual Outbound dilaksanakan di Dapur Apung Citra junjung Buih, Kota Citra Graha Banjarbaru, Jalan Ahmad Yani Km 17,5, Liang Anggang, Banjarbaru, Sabtu (30/06).

Diikuti oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kota Banjarbaru, Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya Setiawan kegiatan ESQ Spritual Outbound GOW Kota Banjarbaru ini masih bersama motivator ESQ di wilayah Kalimantan Selatan, Denny Kurniawan.

Kegiatan ini memiliki visi untuk mewujudkan pribadi wanita Indonesia yang maju dan madiri dengan visi memantapkan persatuan dan kesatuan organisasi wanita di Kota Banjarbaru serta membentuk 5 (lima) karakter religius, berbudi pekerti luhur, cinta tanah air, cinta lingkungan dan berwirausaha.

Eny berharap, melalui ESQ Spritual Outbound ini dapat mengembangkan diri (personal development) dan tim (team development) yang dapat dirasakan oleh para peserta.

“Karena sukses seseorang dalam kehidupannya, terutama dalam karier bisnis dan organisasi, sangat ditentukan oleh kepercayaan diri (self efficacy), kemampuan mengontrol emosi, dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Tujuan kegiatan ESQ Spritual Outbound GOW Kota Banjarbaru adalah melatih para peserta untuk mampu menyesuaikan diri (adaptasi) dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap professionalisme para peserta,” ujarnya.

Eny menambahkan, seorang pemimpin dikatakan sebagai motor penggerak. Kepemimpinan dalam organisasi merupakan sesuatu yang wajib dalam kehidupan agar kehidupan menjadi teratur dan keadilan bisa ditegakkan, sehingga tidak berlaku hukum rimba. Tugas seorang pemimpin adalah memahami dan menangani situasi bawahan dari seorang pemimpin dan juga memotivasi dan mendorong mereka untuk bekerja lebih baik.

“Dan diharapkan pula, peserta menyadari bahwa apa yang dilakukan itu merupakan bagian tidak terpisahkan dalam kebersamaan dengan rekan-rekannya dalam team. Keberhasilan seorang individu organisasi akan merupakan bagian keberhasilan dari organisasi tersebut, ataupun sebaliknya,” katanya.

Karena itu, lanjut Eny, semboyan one for all, all for one, yang merupakan semboyan outbound Internasional selalu didengung-dengungkan dalam kegiatan oleh operator outbond untuk membangun sebuah semangat kebersamaan dan kekompakan, bahkan belakangan ini dikembangkan lagi sebuah semboyan baru yang merupakan pula semboyan dunia global, “we are one” yang artinya kita adalah satu.(hmspemkobjb/ana)