Baznas

DLH Siapkan Taman Sifon, Begini Persiapannya..

  • Bagikan

BANJAR – Dinas Lingungan Hidup (DLH) Banjar menambah satu lagi taman tematik yang diberi nama Taman Sifon Sungai Paring di Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Penelusuran koranbanjar.net, taman ini persis berada di seberang jembatan tinggi sebelah wilayah Sungai Pering, Kota Martapura. Sifon adalah taman menjorok ke bawah seperti corong atau kebalikan dari bentuk jembatan yang cekung ke atas di wilayah tersebut.

Taman ini salah satu dari sekian alternatif buat warga Martapura bersantai sambil menikmati aliran Sungai Paring yang asli dan kejernihan air tetap terjaga sampai sekarang.

DLH bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Banjar berencana menaikan permukaan air Sungai Paring, menangkap air ini bisa dibendung atau berbentuk dam mini sehingga air tidak langsung mengalir.

“Lokasi taman sudah dibersihkan dan ditata, ditanami tumbuhan buah mulai rambutan, sawo dan durian. Hasilnya bisa dinikmati siapa saja, bebas,” tujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjar Boyke W Tristiyanto.

Menurut Boyke, total pohon yang ditanam sebanyak 2 ribu batang sejak Gamis Hijau diluncurkan pada 2017 tadi, sasarannya mulai terbuka hijau, perkantoran, dan sekolah.

“Kita sudah menanam dan banyak dua ribu pohon sejak Gamis Hijau di luncurkan,  semoga bisa lebih banyak lagi,” ujarnya

Contoh yang paling banyak ditanami berada di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup. Bahkan, lusa di halaman kantor ditanam lagi pohon ulin. Sedangkan pekan depan lokasi Gamis Hijau di Dinas Kesehatan Banjar.(sai)

  • Bagikan