Tak Berkategori  

Dishut Siapkan Pengaman Hutan yang Handal, Sedangkan KPH Cantung Produksi Miniatur Cantik

BANJARBARU – Untuk menjaga keamanan hutan di wilayah Kalimantan Selatan, tahun 2018 Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan telah melakukan rekrutmen pengaman hutan. Usai pengukuhan 30 rimbawan terbaik untuk menjadi Pengaman Hutan, hasil seleksi pada 30 Januari 2018 lalu, kini mereka menjalani serangkaian pelatihan untuk menjadi rimbawan yang handal.

Berdasarkan press release yang diterima koranbanjar.net dari Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan, saat ini para rimbawan sedang menjalani serangkaian kegiatan, seperti latihan PBB (Pelatihan Baris Berbaris) di lapangan SPN Banjarbaru serta menerima pengarahan yang disampaikan AKBP H. Darsana, S.E dan Tim.

Tenaga Pengaman Hutan (TPH) yang sudah dikukuhkan tersebut kini memiliki tugas dan fungsi yang sama seperti Polisi Kehutanan. Mereka bertugas melakukan pengamanan dan menjaga hutan di wilayah Kalimantan Selatan.

Sementara itu, di tempat yang terpisah, selain membudidayakan Rotan Jernong di Kabupaten HST dan membuat kerajinan dari Tabalong dan Balangan, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH)

juga membuat kerajinan dari salah satu jenis Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang paling banyak untuk dijadikan kerajinan tangan dari KPHP Cantung.

Kerajinan ini terbilang unik, karena hasil kerajinannya jarang ditemukan di tempat lain, yaitu berbagai miniatur yang berbahan dasar bambu seperti miniatur sekolah, miniatur rumah, miniatur masjid, miniatur kapal, tabungan, tempat pensil, toples dan lain-lain.

Semua kerajinan ini dibuat dari bambu, baik itu bambu yang masih dalam potongan besar maupun yang sudah dipotong kecil-kecil. Jadi di wilayah KPH Cantung, bambu sangat berguna sekali.

“Kerajinan keren ini dibuat masyarakat dari Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir. Selain kerajinan berbagai miniatur ada juga yang berupa bakul atau butah (tas ransel dari bambu) yang berasal dari Desa Bangkalan Dayak Kecamatan Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru,” Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Penyuluh dan Perhutanan Sosial Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, Gede Surbhakti.

Bagi yang mau bikin miniatur sekolah atau miniatur rumah maupun kantor, tinggal kirimkan foto sekolah atau rumah, nanti dibuatkan miniatur dengan hasil yang sama persis, tapi dalam skala mini.

Ayo bagi yang mau mempercantik ruangan dengan berbagai miniature, silakan pesan di Kantor Seksi Pengolahan Pemasaran dan PNBP Dishut Prov Kalsel Jl. Gatot Subroto No. 7 Banjarmasin.(sir)