oleh

Dishut Lakukan Pembuatan Drainase untuk Persiapan HPS

BATOLA, KORANBANJAR.NET – Sebagai upaya turut menyukseskan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVIII pada pertengahan Oktober 2018 nanti, Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel yang dipimpin langsung Kepala Dinas Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP bersama jajaran terus melaksanakan langkah persiapan berupa pembuatan drainase atau jalur air untuk meminimalisir petak lahan terendam air.

Dengan adanya drainase maka pemanfaatan air akan efektif bagi tanaman, sehingga jika dilakukan dengan bijak dalam irigasi lahan, maka akan meminimalisir dari kebusukan akar ketika tanaman mendapat pasokan air yang berlebihan.

Kadishut menerangkan, selain pembuatan drainase juga dilakukan penanaman bibit lombok dan terong di sepanjang bedeng petak.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk memanfaatkan lahan kosong sekitar petak, juga sebagai sistem tumpang sari sehingga terdapat kombinasi tanaman yang dapat berotasi dari musim ke musim,” ucapnya.

Dengan cara ini, lanjutnya, selain sebagai sumber makanan beragam, juga dapat memberikan nutrisi tanah seimbang.

“Kedua hal ini, merupakan bagian dari sistem bertani yang ramah lingkungan, penanaman bibit tersebut dipimpin oleh masing-masing eselon 3 bersama staf. Agar bisa mendapatkan hasil yang baik, pada setiap tanaman diberi ajir sebagai media supaya tanaman tumbuh baik dan rapi,” tutupnya.(hmsdishutkalsel/ana)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: