Disdik HSS Adakan Gerakan Cinta Museum Rakyat

oleh -82 views
Para peserta lomba fashion show di halaman Museum Rakyat HSS, Kecamatan Sungai Raya, HSS, Senin (8/4). (foto: yat/koranbanjar.net)

SUNGAI RAYA, KORANBANJAR.NET – Demi mengenalkan sekaligus meningkatkan kesadaran dan kecintaan para pelajar terhadap museum, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaen Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar berbagai lomba di Museum Rakyat HSS, Jalan Jenderal Sudirman, Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya, HSS, tadi pagi (8/4/2019).

Rangkaian sejumlah lomba yang diadakan dengan tema “Gerakan Cinta Museum Rakyat Hulu Sungai Selatan” tersebut dibuka Pejabat (Pj) Sekdakab HSS, Hubriansyah.

Berbagai lomba yang diadakan di antaranya lomba cerdas cermat tentang permuseuman tingkat pelajar SLTP sederajat, lomba baca puisi tingkat pelajar SLTP sederajat, lomba melukis dengan tema perjuangan tingkat SD, serta lomba fashion show busana pahlawan tingkat anak.

Suasana di dalam salah satu ruangan Museum Rakyat HSS saat kegiatan beralngsung. (foto: yat/koranbanjar.net)

Sekretaris Disdik HSS, Nafarin menyampaikan, selain untuk menanamkan kecintaan dan kepedulian para pelajar terhadap museum yang bisa digunakan untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi lainnya, pergelaran berbagai lomba dari Disdik HSS ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat nilai-nilai perjuangan dan semangat kepedulian sejarah bangsa, menumbuhkan motivasi belajar, sebagai ajang seleksi lomba serupa di tingkat provinsi serta memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2019.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdik HSS, Sri Wiyono menambahkan, kegiatan gerakan cinta museum yang khusus diadakan untuk mengenalkan Museum Rakyat HSS ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya digelar di Museum Rakyat HSS.

“Sebelumnya memang sudah ada juga berbagai acara dilakukan di museum ini tapi bukan dengan tema untuk lebih mengenalkan museum. Selama ini anggapannya museum ini tempat yang angker dan kurang menarik, jadi mulai saat ini kita rubah pola pikir seperti itu dengan harapan dapat mendatangkan kunjungan yang lebih meningkat dari masyarakat,” pungkasnya. (yat/dny)

Jasa Karangan Bunga di Kalimantan Selatan