Tak Berkategori  

Darmawan Jaya Pimpin Apel peringatan Hari Sumpah Pemuda

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, sekaligus peringatan wafatnya Pangeran Antasari ke-156 yang dilaksanakan di Lapangan Murjani, Senin (29/10).

Upacara ini selain diikuti oleh para purnawirawan dan pegawai Pemko Banjarbaru, juga diikuti Forkopimda Kota Banjarbaru serta sejumlah organisasi kepemudaan di Kota Banjarbaru.

Sebelum mengawali amanatnya, Wakil Walikota Banjarbaru mengajak peserta upacara untuk meneriakkan yel-yel Kota Banjarbaru yang menjadi pengingat sekaligus motivasi untuk mencapai Visi Kota Banjarbaru mewujudkan Banjarbaru sebagai Kota Pelayanan yang Berkarakter.

Sementara itu, dalam pidatonya, Wakil Walikota membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang mengingatkan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

“Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah
Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri,” sebut Jaya.

Sungguh tepat kiranya pada hari Sumpah Pemuda ke-90 kali ini mengusung tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan. Karena ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

Sebelum mengakhiri sambutan, H Darmawan Jaya Setiawan tidak lupa menyampaikan kebanggaannya terhadap Pemecahan Rekor MURI Operasi Hernia Terbanyak Dalam Sehari yang diselenggarakan di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Darmawan Jaya berharap seluruh elemen khususnya para pemuda dapat memaknai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 agar dapat terus memegang teguh komitmen, supaya selalu menjaga keutuhan bangsa dan negara, sehingga di dalam diri terpatri jiwa dan semangat nilai-nilai Pancasila. (Hmspemkobjb/ren)