oleh

Danrem 101/Antasari Imbau Masyarakat Hindari Kebakaran Lahan

KOTABARU, KORANBANJAR.NET – Komandan Korem 101/Antasari Kalimantan Selatan laksanakan kunjungan kerja dalam rangka Pelatihan Posko Bencana Alam yang dilaksanakan di Makodim 1004 Kotabaru, pada hari Selasa (22/5/2019).

Dalam kunjungan kerjanya dalam rangka pelatihan Posko Bencana Alam tersebut akan di laksanakan di tiga Kodim yang terdiri dari Kodim Barabai, Kodim Kotabaru dan yang tekahir akan di laksanakan di Kodim Kandangan.

Komandan Korem 101 Antasi Kolonel Inf M Syeh Ismad mengatakan, latihan posko 1 tersebut bertujuan untuk melihat hubungan kerja komandan nasham dalam hal penanggulangan bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan.

“Jadi kita akan laksakan sosialisasi di dalam ruangan posko 1 untuk melihat hubungan kerja komandan bersama staf-stafnya, kalau kita laksanakan di lapangan tidak terlihat kerjanya, nah kalau di ruangan kita dapat melihat dan menilai,” kata Syeh Ismad.

Untuk potensi kebakaran hutan dan lahan di kalimantan sendiri sangat besar apabila terjadi di objek-objek vital. Menurutnya hal itu tentu yang akan menjadi masalah nasional.

“Untuk itu kita mengantisipasi tahun ini jangan sampai kebakaran hutan seperti tahun 2018 terulang lagi. Jadi kita ambil langkah-langkah untuk meminimalisir supaya tidak terjadi, apalagi sekarang sudah musim kemarau lahan-lahan sudah mulai kering,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan BPBD dan masyarakat serta relawan-relawan pemadaman kebakaran dengan cara mensosialisasikan untuk menjaga lahannya masing-masing di musim kemarau.

“Sekarang kesadaran masyarakat untuk menjaga lahannya masing-masing, dan untuk seluruh masyarakat Kalimantan Selatan juga karna kita sudah mulai memasuki musim kemarau, mari kita menjaga lahan kita, pekarangan kita, tanah kita dari bahaya kebakaran hutan dan lahan, apabila hal tersebut terjadi dapat menimbulkan polusi yang mengganggu kesehatan,” pungkasnya. (cah/dra).

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: