oleh

Dandim Kotabaru Ingin Keutuhan NKRI

KOTABARU, koranbanjar.net – Pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945, merupakan salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa perang juga mengingatkan bahwa kemerdekaan saat ini tidak didapat begitu saja, melainkan memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan.

Hal itu dikatakan Dandim 1004 Kotabaru, Rony Fitriyanto, saat memimpin upacara Hari Pahlawan Nasional di halaman kantor Bupati Kotabaru, Senin (11/11/2019).

“Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang kita, hendaknya terus kita kembangkan sebagai bangsa yang menghargai jasa para pahlawan,” katanya.

Dia menegaskan, keutuhan NKRI yang telah dibangun para pahlawan serta pendiri negara dengan tetesan darah dan air mata, jangan sampai dirusak oleh tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menurutnya, Hari Pahlawan Nasional bukan hanya acara peringatan yang bersifat seremonial semata. Namun juga harus diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menimbulkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

“Semoga Tuhan selalu memberikan bimbingan dan kekuatan untuk kita, agar dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh pendahulu kita, dan pahlawan masa kini yang terus membanggakan bangsa Indonesia,” harapnya. (cah/dny)

Komentar

Jangan Lewatkan