MTQ Nasional Kalsel
Tak Berkategori  

Cara Unik ini Ternyata Memotivasi Karo Humpro Kalsel untuk HPS

BANJARBARU, KORANBANJAR.NET – Pemprov Kalsel benar-benar serius dalam menyiapkan diri untuk mensukseskan perhelatan akbar Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tahun 2018. Hal ini dapat terlihat dari keterlibatan banyak pihak yang ikut mensukseskan HPS ke-38, seperti instansi pemerintahan, elemen masyarakat hingga pelajar. Tak kenal siang ataupun malam, para pimpinan SKPD beserta stafnya turun langsung ke lahan pernanian baru yang luasnya mencapai 4.000 hektar itu.

Bahkan tak jarang, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, juga ikut turun langsung hingga harus menginap di lokasi HPS yang berada di Desa Jejangkit, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala (Batola), yang jauh dari keramaian itu. Sungguh obsesi dan keseriusan yang luar biasa dari Pemprov Kalsel dan gubernurnya demi mencapai kesuksesan HPS ke-38 tahun 2018.

Selain para pimpinan SKPD dan gubernur, tak ketinggalan juga Kepala Biro Humas dan Protokol (Karo Humpro) Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah, yang juga sering turun ke area persawahan HPS untuk turut terlibat, baik dalam membuka lahan, menanam padi, hingga mempublikasikannya melalui berbagai media.

Namun siapa sangka, salah satu sudut suasana persawahan HPS ke-38 tahun 2018 di Desa Jejangkit itu dituangkan oleh Kurnadi –sapaan akrabnya– ke dalam sebuah lukisan 3 dimensi yang ditempelkan pada dinding di ruang kerjanya agar menjadi motivasi dan sumber semangat baginya.

Dalam gambar tersebut, nampak seorang dengan topi dan berkaos oranye didampingi seseorang yang sedang menunjuk ke arah hamparan lahan yang baru digarap menjadi persawahan. Seolah-olah ada arahan khusus yang sedang diberikan dalam pemandangan itu.

Pria bertopi dengan kaos oranye dalam gambar tersebut tidak lain ialah Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang sedang bersama seorang petani. Gambar yang menjadi dasar lukisan itu adalah hasil jepretan foto oleh Karo Humpro Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah sendiri, yang kemudian diberinya nama “Jendela Jejangkit”.

Saat ditanya alasan membuat lukisan dan dipajang di ruang kerjanya. sambil tersenyum Kurnadi mengaku sebagai semangat pengingat, dan motivasi untuk mensukseskan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 di Kalsel.

“Ya, itu sebagai motivasi dan semangat pengingat bahwa bahwa ada hajatan akbar yang akan digelar di Kalsel, yaitu Hari Pangan Sedunia (HPS) Tahun 2018,” ujarnya sambil tersenyum.

Inilah Jendela Jejangkit, sebuah cara unik yang dilakukan oleh Karo Humpro Setdaprov Kalsel dari hasil jepretan fotonya pada salah satu sudut persawahan HPS di Desa Jejangkit demi semangat mensukseskan acara puncak peringatan HPS ke-38 tahun 2018 di Kalsel, tanggal 18 Oktober mendatang. (hmsprov/dny)