oleh

Bupati Kotabaru Bahas SAKIP di Kemenpan RB

JAKARTA, koranbanjar.net – Bupati Kotabaru Sayed Jafar, mengunjungi Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Kunjungan tersebut dalam rangka asistensi penguatan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bagi seluruh SKPD dan pejabat di Kotabaru.

“Pemkab Kotabaru membutuhkan SAKIP untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik serta untuk mengetahui sejauh mana penilaian terhadap implementasi SAKIP,” kata Sayed Jafar.

Menurutnya, SAKIP ada sebagai upaya untuk meneguhkan komitmen pemerintah dalam proses penyelenggaraan negara yang baik.

Sementara itu, Deputi Bidang Reformasi, Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan Kemenpan RB, Yusuf Ateh, dalam arahannya mengatakan, pemerintahan harus berjalan secara dinamis, mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan anggaran yang akuntabel, transparan, serta fokus pada prioritas.

Melalui SAKIP, kata Yusuf, Kementerian PAN-RB mengasistensi setiap instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan manfaat atau hasil atas setiap dana dari anggaran yang digunakan.

“Instansi pemerintah tidak boleh lagi hanya memikirkan besaran realisasi fisik dan serapan anggaran, tapi harus memikirkan apakah keberadaannya sudah memberikan hasil atau manfaat nyata yang dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Kunjungan Bupati Sayed Jafar ke Kemenpan RB ini disertai dengan Sekdakab dan sejumlah Kepala SKPD Kotabaru. (cah/dny)

Komentar

Dari Rubrik Pilihan: